Tata Cara Sholat Subuh dan Bacaan Doa Setelah Sholat

Konten dari Pengguna
10 Juni 2021 17:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sholat subuh. Foto: dok. https://unsplash.com/
zoom-in-whitePerbesar
Sholat subuh. Foto: dok. https://unsplash.com/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam Islam kita mengenal sholat sebagai salah satu ibadah wajib yang juga disebutkan dalam rukun Islam. Dalam sehari tiap umat Islam diwajibkan untuk setidaknya menjalankan sholat dalam lima waktu, salah satunya adalah sholat subuh. Untuk dapat menunaikan sholat subuh dengan benar, berikut ini adalah tata cara sholat subuh lengkap dengan bacaan doa setelah sholat yang dapat Anda amalkan.
ADVERTISEMENT

Tata Cara Sholat Subuh Lengkap dengan Bacaan Doa Setelah Sholat

Mendapatkan limpahan pahala dan derajat surga yang tinggi merupakan salah satu cita-cita yang dimiliki seluruh umat Islam. Banyak hal yang dilakukan umat Islam untuk dapat meraih pahala, salah satunya adalah dengan menertibkan ibadah wajib. Sholat menjadi ibadah wajib utama yang perlu ditertibkan dan didirikan umat Islam setiap hari.
Dalam buku berjudul Sholat Pilar Kehidupan yang disusun oleh Bambang Triono (2013:173) menyebutkan bahwa sholat adalah ibadah yang harus ditegakkan oleh umat Muslim di situasi apapun karena Nabi pernah bersabda bahwa sholat adalah pilar agama. Maka dari itu kita perlu menertibkan sholat wajib dalam keseharian kita.
Seperti yang kita ketahui bahwa tiap umat Islam diwajibkan untuk mendirikan sholat lima waktu dalam sehari, termasuk sholat subuh. Sholat subuh merupakan sholat yang didirikan di waktu pagi setelah terbit fajar hingga sebelum matahari terbit. Sholat subuh dilaksanakan sebanyak 2 rakaat.
Doa dan dzikir setelah sholat subuh. Foto: dok. https://unsplash.com/
Tata cara sholat subuh tidak berbeda dengan sholat wajib lainnya, yaitu dimulai dari takbiratul ihram sampai dengan tahiyat akhir. Yang membedakan sholat subuh dengan sholat wajib lainnya adalah jumlah rakaatnya yang hanya dikerjakan sebanyak dua rakaat.
ADVERTISEMENT
Hal ini menjadikan sholat subuh sebagai sholat yang ditunaikan tanpa duduk tahiyat awal dan langsung menunaikan tahiyat akhir. Di sholat subuh ini sebagian umat Islam menunaikan qunut dan sebagian lagi tidak menunaikan qunut.
Tak hanya bacaan doa dalam sholat saja, doa dan dzikir setelah sholat subuh pun sama dengan sholat wajib pada umumnya. Bacaan dzikir yang dapat dibaca setelah sholat subuh Tasbih, Tahmid, Takbir dan Tahlil. Setelah membaca dzikir, tersebut kita dapat membaca doa setelah sholat berikut ini:
ADVERTISEMENT
Dengan mengetahui bagaimana pentingnya sholat subuh dan juga tata cara sholat subuh lengkap dengan doa serta dzikir yang dibaca setelahnya dapat menjadi panduan bagi Anda untuk menunaikan sholat subuh dengan lebih sempurna. (DAP)