Sistem Reproduksi Beserta Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Konten dari Pengguna
23 Desember 2020 19:49 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sistem Reproduksi Manusia Foto: dok Britannica
zoom-in-whitePerbesar
Sistem Reproduksi Manusia Foto: dok Britannica
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sistem reproduksi yang merupakan salah satu sistem penting yang terdapat dalam tubuh manusia ini ternyata terbagi menjadi dua yaitu sistem organ internal dan sistem organ eksternal yang juga perlu dipahami serta diketahui. Berikut ini adalh penjelasan mengenai sistem reproduksi dan juga cara menjaga kesehatannya.
ADVERTISEMENT

Sistem Reproduksi: Penjelasan Singkat dan Cara Menjaga Kesehatannya

Sistem reproduksi merupakan sistem organ manusia yang bekerja sama untuk melakukan reproduksi atau berkembang biak. Sistem reproduksi manusia tentunya harus terus dijaga kesehatannya agar dapat terus berfungsi dengan baik untuk dapat meneruskan keturunan atau berkembang biak.
Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Reproduksi Foto: dok Verywell
Kesehatan sistem reproduksi menjadi salah satu hal penting yang perlu perhatian khusus. Sistem reproduksi yang merupakan bagian krusial pada manusia ini harus terus dijaga kesehatannya agar dapat berfungsi dengan baik. Penyakit yang dapat menyerang sistem reproduksi dapat disebabkan beberapa hal seperti kebiasaan makan yang kurang baik dan kebersihan organ reproduksi yang tidak terjaga dengan baik.
Penyakit yang dapat menyerang sistem reproduksi antara lain kanker serviks, HIV/AIDS, Endometriosis, kista, miom, rajasinga, sifilis, dan masih banyak lagi sederet penyakit yang dapat menyerang sistem reproduksi dan organ reproduksi manusia. Penyakit-penyakit tersebut disebabkan karena berbagai macam hal seperti infeksi, kelainan bawaan, kebersihan yang kurang diperhatikan atau aktivitas seksual yang tidak wajar.
ADVERTISEMENT
Menjaga kesehatan sistem reproduksi dapat Anda lakukan dengan cara menjaga kebersihan area kelamin, tidak menggunakan celana yang ketat, menghindari konsumsi alkohol, penggunaan rokok, mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang tidak sehat. Tentunya untuk menjaga kesehatan reproduksi, hal-hal tersebut harus dilakukan dengan konsisten dan berkala.
Pengetahuan mengenai apa itu sistem reproduksi manusia dan bagaimana cara merawatnya dengan baik agar terhindar dari berbagai macam penyakit tentu sangat bermanfaat bagi Anda agar Anda tetap dapat menjalani hidup dengan baik dan tanpa tersiksa. Pencegahan penyakit yang menyerang reproduksi memang tak dapat terbilang mudah, namun penting untuk dilakukan.
Pengetahuan ini harusnya selalu disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat agar kita dapat terhindar dari penyakit yang menyerang organ dan sistem reproduksi. Pengetahuan seks penting dilakukan sejak dini agar dapat menjaga organ dan sistem reproduksi dengan baik. (DA)
ADVERTISEMENT