Sistem Pernapasan pada Manusia, Ini Cara Menjaganya Agar Tetap Sehat!

Konten dari Pengguna
16 Desember 2020 10:45 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sistem Pernapasan pada Manusia sumber foto: Perpustakaan ID
zoom-in-whitePerbesar
Sistem Pernapasan pada Manusia sumber foto: Perpustakaan ID
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sistem pernapasan pada manusia merupakan bagian yang sangat penting. Pasalnya, sistem pernapasan akan membantu tubuh dalam menyerap oksigen dan membuang gas sisa. Adanya oksigen membuat seluruh organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan normal. Selain membantu tubuh menyerap oksigen, sistem pernapasan memiliki fungsi lain.
ADVERTISEMENT
Salah satu fungsinya adalah melindungi saluran udara dari zat yang berbahaya. Organ pernapasan pada manusia terdiri dari mulut, sinus, tenggorokan, trakea, tabung bronkial, dan masih banyak lagi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga sistem pernapasan agar tetap sehat.

Cara Menjaga Sistem Pernapasan pada Manusia dengan Olahraga

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga. Akan tetapi, masih banyak orang yang malas melalukannya. Entah karena sibuk, malas, atau tidak ada semangat untuk berolahraga. Padahal olahraga bisa membantu pernapasan untuk lebih teratur dan mengeluarkan kotoran.
Selain itu, olahraga memiliki banyak manfaat lainnya untuk tubuh. Anda bisa melakukannya mulai dari hal yang kecil. Seperti jalan kaki, joging, bersepeda, naik turun tangga, dan sebagainya. Hal ini bisa Anda lakukan setiap hari selama 15-20 menit saja.
ADVERTISEMENT

Rajin Mencuci Tangan

Sumber foto: UNICEF
Salah satu cara lainnya untuk menjaga kesehatan pada sistem pernapasan adalah dengan rajin mencuci tangan. Tangan menjadi salah satu bagian yang mudah tersentuh oleh berbagai bakteri. Melalui tangan juga, bakteri tersebut mudah masuk melalui mulut, mata atau hidung. Itulah penting mencuci tangan secara berkala dan sesering mungkin.

Meminum Air Putih

Masih banyak orang yang minum air putih dalam jumlah sedikit dan tidak mencapai batas yang disarankan. Padahal air putih bisa membantu tubuh untuk lebih fokus, memberikan nutrisi untuk tubuh, sampai memberikan manfaat kecantikan. Minum air putih dalam jumlah yang disarankan akan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Pola Hidup Sehat

Sering kali seseorang memilih gaya hidup dan pola yang dirasanya menyenangkan. Padahal pola hidup yang menyenangkan belum tentu sehat untuk tubuhnya. Bagi Anda yang sering mengalami masalah pada sistem pernapasan, ada baiknya untuk tidak merokok atau mengonsumsi alkohol. Perbanyak makan sayur dan buah yang sehat untuk tubuh.(ANG)
ADVERTISEMENT