Seni Tari Kreasi Berkelompok dan Contoh Tariannya

Konten dari Pengguna
11 Maret 2021 18:45 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tarian Berkelompok. Foto: dok Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Tarian Berkelompok. Foto: dok Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Seni tari merupakan salah satu seni yang memiliki banyak penggemar. Selain karena memiliki manfaat untuk dapat membentuk tubuh yang ideal, seni tari juga terus diajarkan untuk melestarikan kebudayaan yang ada. Seni tari juga terdiri dari beragam jenis, salah satunya adalah tari kreasi berkelompok. Untuk dapat mengetahui lebih dalam, berikut ini adalah pengertian tari kreasi dan juga contoh tariannya.
ADVERTISEMENT

Pengertian Seni Tari Kreasi Berkelompok dan Contohnya

Dari sederet ragam seni yang kita kenal, seni tari merupakan salah satu seni yang memiliki tempat tersendiri di hati para penikmat seni. Seni tari merupakan seni yang menggunakan gerak tubuh sebagai media penyalur ekspresi dan perasaan. Dalam buku yang disusun oleh Resi Septiana Dewi terbitan PT Balai Pustaka yang berjudul Keanekaragaman Seni Tari Nusantara (2012:1) dijelaskan bahwa seni tari adalah hasil karya yang diciptakan manusia yang diungkapkan lewat media gerak yang memiliki keindahan.
Seni tari di Indonesia sendiri juga memiliki beragam jenis, salah satunya adalah seni tari kreasi berkelompok. Dalam buku Seni Budaya yang diterbitkan oleh Yudhistira Ghalia Indonesia, tari kreasi adalah jenis tarian hasil ciptaan manusia yang bebas dan tidak terikat aturan dari daerah ataupun tari kreasi tradisional, namun tetap tidak meninggalkan unsur tradisional yang ada di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Seni tari kreasi ini juga merupakan salah satu seni tari yang digunakan untuk memenuhi penyaluran ekspresi. Seperti yang dituliskan oleh Farha Daulima dalam buku berjudul Mengenal Tarian Daerah Tradisional dan Klassik Gorontalo (2006:3) yang menyebutkan bahwa tari kreasi ini diciptakan dengan maksud untuk memenuhi ekspresi dan keinginan batin penciptanya.
Maka dapat disimpulkan bahwa seni tari kreasi berkelompok berarti seni tari yang diciptakan dan bersifat bebas namun tidak terlepas dari unsur tradisional yang sudah melekat di dalamnya dan dilakukan secara bersama-sama atau berkelompok yang terdiri lebih dari 2 penari. Tari kreasi berkelompok dapat kita temukan dengan mudah, khususnya di Indonesia.
Di Indonesia, contoh tari kreasi berkelompok adalah Tari Kecak dari Bali, Tari Merak dari Jawa Barat, Tari Piring dari Sumatra Barat, dan Tari Saman yang berasal dari Nangroe Aceh Darussalam. Sederet contoh tarian tersebut merupakan tarian yang dilakukan secara berkelompok atau terdiri lebih dari 3 penari.
ADVERTISEMENT
Pengetahuan tentang tari kreasi berkelompok dan juga contoh tariannya tersebut dapat menambah wawasan Anda mengenai kesenian yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat. (DA)