Prinsip Geografi Korologi Lengkap dengan Contohnya

Konten dari Pengguna
1 Januari 2021 19:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Prinsip Geografi Korologi, Foto: Dok. zonareferensi
zoom-in-whitePerbesar
Prinsip Geografi Korologi, Foto: Dok. zonareferensi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Prinsip geografi digunakan untuk membantu menganalisis dan memahami tentang apa yang sebenarnya terjadi di sekitar kita. Pada dasarnya, prinsip geografi ini terbagi menjadi empat yaitu distribusi, interelasi, deskripsi, dan korologi.
ADVERTISEMENT
Berbicara tentang prinsip korologi, apakah kamu sudah tahu definisinya? Korologi merupakan sebuah prinsip geografi yang melihat suatu fenomena dengan semua sudut pandang. Artinya, prinsip ini merupakan gabungan dari ketiga prinsip lainnya.
Prinsip korologi akan menghasilkan hasil yang komprehensif. Prinsip ini muncul Ketika para ahli geografi merasa bahwa ketiga prinsip lainnya tidak cukup untuk menggambarkan suatu fenomena, entah dari sisi spasialnya atau bukan.
Maka, munculah prinsip geografi korologi yang merupakan gabungan dari 3 aspek lainnya. Bahkan, saat ini hampir semua penelitian geografi modern menggunakan prinsip korologi.

Contoh Prinsip Geografi Korologi dalam Fenomena Sehari-hari

Dilansir dari berbagai sumber, prinsip geografi terjadi dalam fenomena geografis di kehidupan kita sehari-hari, diantaranya:
ADVERTISEMENT
Nah itulah prinsip geografi korologi dan contohnya yang telah kamu ketahui, prinsip korologi ini memang diciptakan untuk membuat suatu kajian geografis yang komprehensif hingga akurat dalam suatu fenomena.
(RDY)