Peran Para Penari Daerah untuk Mempersatukan Bangsa dan Contoh Tariannya

Konten dari Pengguna
7 September 2021 17:54 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Contoh tarian daerah di Indonesia. Foto: dok. https://pixabay.com/
zoom-in-whitePerbesar
Contoh tarian daerah di Indonesia. Foto: dok. https://pixabay.com/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Persatuan bangsa yang ada saat ini rupanya tak terlepas dari peran para penari daerah untuk mempersatukan bangsa. Keberagaman budaya di Indonesia menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak perbedaan. Meski begitu, sebagai satu kesatuan bangsa kita tetap perlu menjunjung tinggi kesatuan dan persatuan bangsa.
ADVERTISEMENT
Apa saja peran penari daerah dan apa contoh tarian daerah di Indonesia? Mari simak ulasan lengkapnya.

Peran Para Penari Daerah untuk Mempersatukan Bangsa Lengkap dengan Contoh Tarian Daerah

Tarian daerah merupakan salah satu jenis kebudayaan Indonesia yang tentunya memiliki perbedaan dan keberagaman antara tarian daerah satu dengan tarian daerah lainnya.
Perbedaan ini tentu tak menjadikan Indonesia sebagai negara yang terpecah belah karena banyaknya perbedaan khususnya dalam segi kebudayaan. Bahkan kebudayaan termasuk kesenian tari menjadi kekuatan terbesar Indonesia menjadi suatu kesatuan negara yang kokoh.
Sebagaimana yang dipaparkan dalam buku berjudul Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas 8 yang disusun oleh Nurhayati, M.Pd. (2021:124) yang menjelaskan bahwa kebudayaan nasional merupakan suatu kebudayaan yang didukung oleh sebagian besar warga suatu negara.
ADVERTISEMENT
Selain itu, dalam buku ini juga dipaparkan bahwa kebudayaan nasional juga menjadi identitas khusus terhadap masyarakat. Kebudayaan ini dapat dijadikan sebagai suatu karya yang dibanggakan, memiliki kekhasan dan memberi identitas bagi masyarakat serta menciptakan suatu jati diri bangsa yang kuat. Maka dari itu, kebudayaan di Indonesia memiliki peran yang cukup besar bagi persatuan Indonesia.
Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya kesenian tari yang tersebar di penjuru Indonesia. Tarian daerah yang ditarikan penari daerah di seluruh Indonesia rupanya memiliki peran penting dalam hal persatuan bangsa.
Contoh tarian daerah di Indonesia. Foto: dok. https://pixabay.com/
Bayangkan saja jika tidak ada penari daerah yang menarikan tari daerah, maka kita tidak akan tahu satu sama lain bagaimana pertunjukan tari daerah satu dan yang lainnya. Hal tersebut tentu dapat menurunkan rasa cinta tanah air dan bahkan melemahkan persatuan bangsa. Maka dari itu peran para penari daerah untuk mempersatukan bangsa sangat penting keberadaannya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, tarian daerah yang ditarikan penari di berbagai daerah lainnya juga memiliki fungsi lainnya. Sebagaimana yang disebutkan dalam buku Mengenal Seni Tari Indonesia karya Muryanto, S.Pd. (2020:9) yang menyebutkan bahwa tarian daerah digunakan dengan fungsi sebagai upacara adat agar tetap lestari di daerah, sebagai media upacara keagamaan, bahkan juga digunakan sebagai hiburan masyarakat setempat. Berikut ini adalah contoh tarian daerah di Indonesia dan asal daerahnya:
Itu dia pemaparan singkat mengenai peran para penari daerah untuk mempersatukan bangsa dan contoh tariannya. Dengan mengetahui tarian daerah di Indonesia dan juga peranan penari daerahnya dapat meningkatkan rasa cinta taha air kita dan rasa nasionalisme kita.(DAP)
ADVERTISEMENT