Pengertian Fraktura beserta Penyebabnya yang Perlu Dihindari

Konten dari Pengguna
29 November 2021 18:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi fraktura . Foto: dok. AndreyPopov di Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fraktura . Foto: dok. AndreyPopov di Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengalami fraktura atau patah tulang merupakan hal yang sangat dihindari oleh banyak orang. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Untuk mengetahui mengenai pengertian fraktura lebih dalam, mari kita simak penjelasan mengenai pengertian fraktura lengkap dengan penyebabnya yang perlu kita hindari dalam artikel ini.
ADVERTISEMENT

Pengertian Fraktura Lengkap dengan Penyebabnya

Kelainan pada sistem gerak, khususnya tulang tentu menjadi salah satu faktor penghambat bagi manusia untuk dapat melakukan produktivitas hariannya. Terdapat banyak sekali jenis kelainan yang menyerang sistem gerak manusia, salah satunya adalah fraktura. Apa itu fraktura?
Dalam buku berjudul Belajar Mandiri IPA Untuk SMP/MTS Berbasis SKS Semester 3 yang disusun oleh Hisbulloh Huda, S.Pd., M.Si., ‎Enki Dani Nugroho, S.Pd., M.Pd., ‎Laily Badi'ah, S.Pd. (2021: 15) pengertian fraktura adalah salah satu jenis kelainan yang terjadi pada sistem gerak manusia yaitu tulang. Kelainan ini disebabkan oleh benturan benda keras pada tulang sehingga menyebabkan tulang patah.
Ilustrasi Fraktura. Foto: dok. LightFieldStudios. di Unsplash
Dalam buku Explore Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VIII yang disusun oleh Sadiman, S.Pd., M.Pd.; Tristia Ningsih, S.Pd, ‎Tri Cahyani, S.Si.; Bayu Sapta Hari, S.Si.; Nurul Qomariyah, S.Si. (2019: 18) menjelaskan bahwa patah tulang atau juga yang disebut fraktura dapat disebabkan oleh benturan ataupun kecelakaan yang menyebabkan patah tulang.
ADVERTISEMENT
Dalam buku tersebut juga disebutkan bahwa patah tulang dapat diatasi dengan pembedahan dan pembalutan oleh ahli. Tulang yang patah rupanya dapat merobek kulit atau bahkan tidak merobek kulit.
Mengenai jenis fraktura disebutkan dalam buku berjudul Mudah dan Aktif Belajar Biologi yang disusun oleh Rikky Firmansyah, Agus Mawardi H, M. Umar Riandi (2007: 48) bahwa fraktura dibedakan menjadi empat jenis, yaitu fraktura tertutup, fraktura terbuka, fisura (retak), dan remuk.
Ilustrasi Fraktura. Foto: dok Gorkem Yorulmaz. di Unsplash
Untuk meminimalisir risiko terjadinya fraktura, Anda dapat melakukan pencegahan yaitu dengan menggunakan pakaian dan juga alat pelindung yang sesuai standar saat berkendara atau bahkan saat bekerja di tempat yang berisiko tinggi.
Pengertian fraktura lengkap dengan penyebabnya dapat Anda jadikan sebagai informasi tambahan yang penting untuk Anda ketahui untuk meminimalisir terjadinya fraktura pada sistem gerak Anda. (DAP)
ADVERTISEMENT