Pengertian Angin Darat dan Angin Laut Serta Fungsinya Bagi Kehidupan

Konten dari Pengguna
2 Juni 2021 17:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi angin darat dan angin laut di wilayah pantai dan sekitarnya. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi angin darat dan angin laut di wilayah pantai dan sekitarnya. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Angin darat dan angin laut termasuk salah satu jenis angin lokal yang berhembus di wilayah pantai dan sekitarnya. Sebagai udara yang bergerak, hembusan angin darat dan angin laut sendiri umumnya dipengaruhi oleh faktor panas dan tekanan yang berbeda dari lautan dan pantai.
ADVERTISEMENT

Angin Darat dan Angin Laut: Pengertian dan Fungsi

Mengutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu, Y. Sri Pujiastuti (2007: 74), pengertian angin darat didefinisikan sebagai pergerakan udara dari darat menuju laut akibat tekanan udara di permukaaan laut lebih rendah (karena panas) dari pada tekanan udara di daratan.
Angin darat sendiri dapat terjadi pada malam hari. Hembusan angin darat inilah yang biasanya dimanfaatkan para nelayan untuk berlayar menuju lautan. Disamping itu, fungsi angin darat lainnya ialah untuk membantu pembenihan tumbuhan di sekitar pantai agar terhindar dari serangga penyerbuk ataupun dapat membawa uap air yang menyejukan saat kemarau.
Ilustrasi kegiatan pelayaran dengan memanfaatkan angin darat dan angin laut. Sumber: Unsplash
Selain angin darat, adapula angin laut yang dapat didefinisikan sebagai udara yang bergerak dari arah lautan menuju daratan (pantai) karena tekanan udara di permukaan laut lebih tinggi dibanding tekanan udara di daratan pantai. Berbeda dengan angin darat, angin laut ini berhembus pada siang hari dan berperan untuk memudahkan nelayan kembali ke tepian pantai.
ADVERTISEMENT
Karena termasuk angin lokal di wilayah pantai, maka secara umum baik angin darat dan angin laut memiliki peranan yang besar terhadap kegiatan pelayaran, baik dalam memfasilitasi nelayan ataupun memfasilitasi berbagai hiburan atau olahraga air seperti para layang ataupun ski air. Di samping itu, kedua angin lokal ini juga dapat dimanfaatkan sebagai instrumen alternatif pembangkit listrik tenaga angin dengan bantuan kincir angin.
Demikian ulasan singkat tentang pengertian angin darat dan angin laut serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat. (HAI)