Nama Bagian Terkecil dari Makhluk Hidup dalam kajian Ilmu Pengetahuan Alam

Konten dari Pengguna
11 Mei 2022 19:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bagian terkecil dari makhluk hidup adalah. Foto. dok. Maridav (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bagian terkecil dari makhluk hidup adalah. Foto. dok. Maridav (Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam setiap tubuh makhluk hidup, kita mengenal suatu komponen terkecil sebagai penyusun kehidupan dalam tubuh. Nama bagian terkecil dari makhluk hidup adalah sel. Untuk mengetahui lebih dalam tentang sel yang ada dalam tubuh makhluk hidup, mari kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
ADVERTISEMENT

Sebutan untuk Bagian Terkecil dari Makhluk Hidup

Setiap makhluk hidup yang hidup di dunia, terdiri dari berbagai bagian atau komponen penyusun sehingga suatu makhluk hidup dapat melakukan aktivitas kehidupan sebagaimana mestinya. Nama bagian terkecil dari makhluk hidup adalah sel. Sel menjadi komponen dalam makhluk hidup yang tak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil.
Penjelasan lengkap mengenai sel sebagai bagian terkecil dalam tubuh makhluk hidup dibahas dalam buku berjudul Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan, yang ditulis oleh Linda Advinda (2018:6) menyebutkan bahwa sel merupakan unit dasar dari suatu kehidupan dan tidak dijumpai dalam kehidupan unit-unit yang lebih kecil dari sel.
Ilustrasi bagian terkecil dari makhluk hidup adalah. Foto. dok. Hernan Lopez (Unsplash.com)
Dalam kajian ilmu pengetahuan alam, sel yang ada di dunia ini terbagi menjadi dua. Dua jenis sel tersebut antara lain sel hewan dan sel tumbuhan. Sel hewan umumnya dapat kita temukan di dalam tubuh hewan dan manusia. Sedangkan sel tumbuhan dapat kita temukan dalam tanaman. Sel hewan dan sel tumbuhan tentu memiliki perbedaan yang cukup signifikan.
ADVERTISEMENT
Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dijelaskan secara rinci dalam buku berjudul Mudah dan Aktif Belajar Biologi untuk SMA/MA yang disusun oleh Rikky Firmansyah, Agus Mawardi H., M.Umar Nugraha (2009:8).
Dalam buku tersebut dipaparkan bahwa perbedaan sel hewan dan tumbuhan bisa berupa ada tidaknya suatu bagian atau organel sel. Tak hanya itu, perbedaan sel antara sel hewan dan sel tumbuhan dapat ditinjau dari perbedaan struktur dan fungsi organelnya.
Ilustrasi bagian terkecil dari makhluk hidup adalah. Foto. dok. Maridav (Unsplash.com)
Dilihat dari organ penyusunnya, umumnya sel hewan memiliki organ penyusun yang terdiri dari, mitokondria, sentriol, nukleus, nukleolus, kromatin, ribosom, retikulum endoplasma, mikrotubulus, membran plasma, vakuola, sitosol, selaput inti, badan golgi, sitoskeleton, lisosom, dan peroksisom.
Sedangkan sel tumbuhan memiliki organ penyusun yaitu vakuola, dinding sel yang tersusun dari selulosa dan protein, plasmodesmata, dan plastida.
ADVERTISEMENT
Pemaparan lengkap mengenai bagian terkecil dari makhluk hidup dapat Anda jadikan sebagai pengetahuan tambahan khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan alam. Semoga bermanfaat. (DAP)