Memahami Pesan Allah SWT kepada Nabi Muhammad dalam Surat Ar-Rum Ayat 60

Konten dari Pengguna
20 Juni 2022 22:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pesan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dalam Ar-Rum ayat 60. Foto: unsplash.com/mahdi17
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pesan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dalam Ar-Rum ayat 60. Foto: unsplash.com/mahdi17
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang Allah SWT pilih untuk menyebarkan Al-Quran dan agama Islam. Namun bukanlah perkara mudah dalam menyebarkan agama Allah SWT. Terlebih, masyarakat kafir Quraisy yang suka judi, minum khamr, main wanita, hingga menyembah berhala membuat tugas yang diimben Nabi Muhammad SAW semakin sulit. Tak jarang, beliau mendapatkan hinaan dan cemoohan dari orang-orang Quraisy. Agar lebih bersabar dalam mengadapi sifat mereka, Allah SWT menurunkan sebuah ayat untuk mengingatkannya dalam Surat Ar-Rum ayat 60. Berikut penjelasan dari pesan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dalam Surat Ar-Rum ayat 60.
ADVERTISEMENT

Memahami Pesan Allah SWT kepada Nabi Muhammad dalam Surat Ar-Rum Ayat 60

Dikutip dari buku Dikutip dari buku Tafsir Ibnu Katsir Jilid 6 karya Dr. ‘Abdhullah bin Muhammad bin ‘Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh (2004:390), Allah SWT berfirman,
اصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ ۖ وَلَا يَسْتَخِفَّنَّكَ الَّذِينَ لَا يُوقِنُونَ
Ilustrasi Nabi Muhammad SAW menyebarkan Al-Quran dan agama Islam. Foto: unsplash.com/adayday
Pada ayat tersebut mengandung pesan kepada Nabi Muhammad SAW diminta untuk bersabar dalam menghadapi sikap orang-orang kafir Quraisy yang menentang dan keingkaran. Sebab sesungguhnya Allah SWT pasti akan menunaikan apa yang telah Dia janjikan kepada beliau, yaitu menolongnya dalam menghadapi orang-orang kafir Quraisy dan menjadikan kesudahan yang baik hanya baginya dan bagi orang-orang yang mengikuti Nabi Muhammad SAW di dunia maupun di akhirat.
ADVERTISEMENT
Janganlah sekali-kali orang-orang yang tidak meyakini kebenaran dari ayat-ayat Allah SWT itu menggelisahkan Nabi Muhammad SAW melainkan tetap teguhlah dalam melaksanakan risalah Allah SWT yang dipercayakan kepadanya. Sebab sesungguhnya hal itu adalah perkara hak yang tiada keraguan pada orang-orang kafir. Jangan sampai Nabi Muhammad SAW menyimpang, karena pada jalan yang lain tiada hidayah yang dapat diikuti, melainkan perkara hak itu hanyalah terdapat di dalam risalah yang Nabi Muhammad SAW bawa.
Apabila Nabi Muhammad SAW sampai mengikuti perkataan dari para orang-orang kafir, maka hapuslah semua amalannya.
Dari penjelasan Surat Ar-Rum ayat 60 di atas dapat kita ambil pelajaran bahwa betapa beratnya Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan agama Allah SWT. Banyak sekali cobaan dan cemoohan yang diberikan kepadanya. Namun, Nabi Muhammad SAW tetap harus bersabar. Pada akhirnya, pengorbanan beliau dapat kita rasakan hingga saat ini. (MZM)
ADVERTISEMENT