Mekanisme Inspirasi dan Ekspirasi pada Sistem Pernapasan Manusia

Konten dari Pengguna
17 Mei 2022 17:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia. Sumber: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia. Sumber: unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat muncul pertanyaan “Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia!”, mungkin Anda akan bingung bagaimana menjawabnya. Padahal sebenarnya pertanyaan tersebut sudah dijelaskan dalam materi pelajaran Biologi di Indonesia. Jika Anda ingin tahu jawaban selengkapnya untuk pertanyaan tersebut, simak artikel ini, ya.
ADVERTISEMENT

Mekanisme Inspirasi dan Ekspirasi pada Sistem Pernapasan Manusia

Mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia. Sumber: unsplash.com
Jika Anda menemukan pertanyaan “Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia!”, berikut penjelasannya yang dikutip dari buku Panduan Praktikum: Modul Keperawatan Ilmu Biomedik Dasar karya Marthilda Suprayitna, Baiq Ruli Fatmawati, dan Melati Inayati Albayani (2019:22).
Setidaknya ada dua jenis pernapasan yang dilakukan oleh manusia, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Setiap jenis pernapasan tersebut terdiri dari dua tahapan yang perlu Anda pahami. Di bawah ini adalah penjelasan tentang tahapan tersebut.

1. Pernapasan Dada

a. Proses Inspirasi pada Pernapasan Dada
Proses yang terjadi ialah otot antartulang rusuk luar berkontraksi, tulang rusuk terangkat, volume rongga dada membesar, paru-paru mengembang. Tekanan udara menjadi lebih kecil dari udara luar sehingga udara masuk.
ADVERTISEMENT
b. Ekspirasi pada Pernapasan Dada
Proses yang terjadi adalah otot antartulang rusuk luar berelaksasi, tulang rusuk akan tertarik ke posisi semula, volume rongga dada mengecil, tekanan udara rongga dada meningkat, tekanan udara dalam paru-paru lebih tinggi dari udara luar, akibatnya udara keluar.

2. Pernapasan Perut

a. Inspirasi pada Pernapasan Perut
Proses yang terjadi, yaitu otot diafragma berkontraksi, diafragma mendatar dan mengakibatkan volume rongga dada membesar. Kemudian, tekanan udara mengecil, diikuti dengan paru-paru yang mengembang sehingga tekanan udaranya lebih kecil dari tekanan udara atfosmer dan udara masuk.
b. Ekspirasi pada Pernapasan Perut
Proses ini dimulai dari otot diafragma berelaksasi dan otot dinding perut berkontraksi sehingga menyebabkan diafragma terangkat dan melengkung menekan rongga dada. Kemudian, volume rongga dada mengecil dan tekanannya meningkat sehingga udara dalam paru-paru keluar.
ADVERTISEMENT
Nah, itu dia penjelasan singkat tentang inspirasi dan ekspirasi dalam pernapasan manusia. Semoga dapat membantu Anda dalam menjawab soal tersebut. (Anne)