Malam Lailatul Qadar dan Cara Meraih Keberkahan di Dalamnya

Konten dari Pengguna
22 Januari 2021 20:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Malam Lailatul Qadar Waktu yang Tepat Untuk Mencari Keberkahan. Foto: dok Daily Sun
zoom-in-whitePerbesar
Malam Lailatul Qadar Waktu yang Tepat Untuk Mencari Keberkahan. Foto: dok Daily Sun
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Malam lailatul qadar merupakan salah satu malam istimewa yang dijumpai saat bulan Ramadan.
ADVERTISEMENT
Seperti yang kita ketahui bahwa dalam bulan Ramadan terdapat banyak sekali keistimewaan berupa ampunan dan juga limpahan pahala yang banyak. Untuk dapat meraih keberkahan di dalam malam istimewa tersebut, Anda dapat mengikuti caranya dalam ulasan berikut ini.

Malam Lailatul Qadar: Doa untuk Mencapai Keberkahan dalam Malamnya

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapai keberkahan malam lailatulqadar. Malam yang disebut-sebut lebih baik daripada seribu bulan ini memiliki limpahan keistimewaan di dalamnya. Untuk dapat mencapai keberkahan dan pengampunan yang ada di dalam malam tersebut, Nabi telah mencontohkan kepada kita untuk melakukan beberapa amalan yang dianjurkan saat menjumpai malam lailatul qadar.
Memperbanyak Berdoa di Malam Lailatul Qadar. Foto: dok Islam21c
Untuk mendapatkan keberkahan malam yang lebih baik dari pada malam seribu bulan ini Nabi menganjurkan kita untuk melakukan itikaf. Itikaf adalah berdiam diri di dalam masjid dengan banyak beribadah dan juga berzikir kepada Allah. Anda dapat memperbanyak tahmid, tahlil, istighfar dan juga bacaan-bacaan doa lainnya. Nabi mengajarkan untuk mengamalkan doa malam lailatul qadar berikut ini:
ADVERTISEMENT
Artinya: "Ya Allah Engkau Yang Maha Pengampun Lagi Maha Pemurah, Engkau senang mengampuni hamba-hamba-Mu karena itu ampunilah dosa-dosaku".
Nabi mengajarkan kepada kita untuk membaca doa tersebut selama 10 malam terakhir di bulan Ramadan, karena malam lailatul qadar akan datang di salah satu malam dari 10 malam terakhir di bulan Ramadan tersebut. Doa ini dapat terus dibaca di sela-sela Anda membaca Alquran selama menjalankan itikaf. Hal ini diamalkan sebagai upaya mencapai keberkahan dan pengampunan yang berlimpah di bulan Ramadan.
Selain memperbanyak zikir dan doa, hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mencapai keberkahan bulan Ramadan adalah dengan memperbanyak tilawah Alquran. Dengan memperbanyak Alquran maka Anda akan dilimpahkan banyak pahala dan juga banyak pengampunan yang diberikan oleh Allah.
ADVERTISEMENT
Hal lain yang juga dapat Anda kerjakan adalah memperbanyak sholat sunnah malam atau tahajud. Setelah sholat tahajud, Anda juga dapat memanjatkan doa sebanyak-banyaknya untuk memohon pengampunan dan juga memohon terkabulnya permintaan yang Anda cita-citakan sejak lama. Semoga dengan mengetahui apa saja yang dapat Anda lakukan untuk meraih keberkahan dan pengampunan di malam lailatul qadar, Anda dapat mempersiapkan diri untuk dapat memaksimalkan ibadah di malam lailatul qadar. (DA)