Google Classroom: Solusi Belajar di Tengah Pandemi

Konten dari Pengguna
13 November 2020 19:34 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Belajar di Rumah Selama Pandemi Foto: dok The Journal News
zoom-in-whitePerbesar
Belajar di Rumah Selama Pandemi Foto: dok The Journal News
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Google Classroom yang dikenal sebagai salah satu layanan web gratis untuk membantu proses belajar mengajar tanpa harus bertatap muka. Fitur pendukung belajar secara online ini tentu sangat membantu para guru dan murid atau dosen serta mahasiswa untuk dapat terus melangsungkan kegiatan belajar mengajar tanpa bertatap muka.
ADVERTISEMENT
Di masa pandemi seperti ini, banyak kegiatan menjadi semakin terbatas karena peraturan yang mengharuskan seluruh masyarakat melakukan kegiatan dari rumah. Otomatis kegiatan belajar mengajar yang seharusnya berlangsung di sekolah pun menjadi terhambat. Namun dengan ketersediaan fitur pendukung belajar online ini dapat menjadi jawaban dari masalah yang ada. Apa saja fitur belajar online yang dapat digunakan? Simak ulasan berikut ini.

Google Classroom untuk Belajar Online

Fitur pendukung belajar secara online ini menyediakan layanan untuk mempermudah pendistribusian tugas dari guru kepada muridnya. Tak hanya itu, Google Classroom juga memberi kemudahan untuk melakukan penilaian tugas dan pengiriman file yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar.
Seperti yang kita ketahui, banyak sekali sekolah atau lembaga pendidikan yang menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran selama pandemi. Hal ini karena Google Classroom dianggap menjadi salah satu platform yang mudah untuk diakses dan tidak perlu membutuhkan biaya tambahan lainnya.
Google Classroom Foto: dok Google Play
Melalui Google Classroom, murid dapat dimudahkan dengan mengumpulkan dan membuat tugas dengan menggunakan Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Sedangkan untuk kebutuhan penjadwalan kelas atau pemberian materi hingga tenggat waktu pengumpulan tugas dapat menggunakan Google Calendar.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, untuk tugas yang membutuhkan pengambilan gambar juga dapat dilakukan melalui Google Classroom. Dengan banyaknya kemudahan yang disediakan dalam aplikasi Google Classroom ini menjadikan mayoritas guru dan murid menggunakan Google Classroom untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar. Google Classroom dapat diakses melalui aplikasi yang terpasang pada perangkat Android atau iOS.
Bagaimana, sangat mudah dan praktis bukan? Yuk tetap semangat belajar,ya! Semangat belajar tidak boleh luntur begitu saja meski halangan dan rintangan menghadang bukan? (DA)