Fungsi Kalimat Efektif dan Ciri-cirinya

Konten dari Pengguna
16 Februari 2021 12:48 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi menulis kalimat efektif. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menulis kalimat efektif. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pembahasan terkait fungsi kalimat efektif dan juga ciri-cirinya, lebih sering kita temukan pada mata pelajaran bahasa Indonesia semasa sekolah dulu. Jika kamu mulai lupa akan materi tentang hal tersebut, maka kamu bisa membaca ulasan singkat berikut agar kembali ingat tentang apa itu kalimat efektif beserta ciri-cirinya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan kutipan info dari Terampil Menulis Paragraf (2004) oleh Asul Wiyanto, kalimat efektif dapat didefinisikan sebagai bentuk kalimat yang mampu menyampaikan informasi secara jelas dan mudah dipahami oleh pembaca ataupun pendengar. Disamping itu, kalimat efektif juga dikenal sebagai kalimat yang tidak menggunakan pilihan kata berbelit atau boros.
Sedangkan menurut kutipan dari file.upi.edu (diakses pada 15 Februari 2021), kalimat efektif dapat diartikan sebagai bentuk kalimat yang mampu membuat pendengar ataupun pembaca memiliki pemikiran yang sama dengan sang pembaca ataupun penulis tadi. Dengan kata lain, sebuah kalimat dapat dianggap efektif jika isi pesan atau informasinya tersampaikan dengan baik kepada para pembaca/pendengar tanpa menimbulkan kekeliruan ataupun penafsiran yang berbeda.

Fungsi dan Ciri-ciri Kalimat Efektif dalam Bahasa Indonesia

Masih dilansir menurut file.upi.edu, kalimat efektif sendiri umumnya terdiri dari susunan kata yang mengandung pola SPOK, yakni subjek, predikat, objek dan keterangan. Selain ciri tadi, adapula beberapa ciri kalimat efektif lainnya yang perlu kita ketahui. Adapun ciri-ciri tersebut meliputi:
ADVERTISEMENT
Itulah fungsi dan ciri-ciri kalimat efektif yang perlu untuk kita ketahui. Sederhananya, kalimat efektif merupakan kalimat yang memiliki makna yang jelas dan mudah untuk dipahami bagi siapa saja yang mendengar atau membacanya ya! Semoga ulasan singkat tadi bermanfaat. (HAI)