Email Merupakan Contoh Komunikasi Tidak Langsung, Apa Maksudnya?

Konten dari Pengguna
13 Mei 2022 18:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://www.pexels.com/id-id/@maksgelatin - email merupakan contoh komunikasi
zoom-in-whitePerbesar
https://www.pexels.com/id-id/@maksgelatin - email merupakan contoh komunikasi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dilansir dari Encyclopedia Britannica, email merupakan contoh komunikasi tidak langsung yang dilakukan oleh manusia.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dimaksud dengan komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Kata komunikasi berasal dari bahasa latin, communicatus, artinya berbagi atau menjadi milik bersama - mengacu pada upaya yang bertujuan untuk mencapai kebersamaan.
Komunikasi adalah proses pemindahan pesan dari komunikator kepada penerima/ komunikan. Dalam proses tersebut, terdapat unsur, konsep, proses, dan tujuan yang mesti dipahami dalam berkomunikasi.
https://www.pexels.com/id-id/@ekaterina-bolovtsova

Email Merupakan Contoh Komunikasi Tidak Langsung

Komunikasi tidak langsung pada dasarnya merupakan proses dari suatu komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung alias memerlukan bantuan alat komunikasi yang fungsinya sebagai media komunikasi.
Komunikasi tidak langsung menggunakan media perantara sebagai penghantar pesan atau informasi agar sampai ke komunikan atau penerima pesan. Komunikasi ini tidak berlangsung begitu saja alias dengan tatap muka secara langsung, melainkan perlu adanya alat media komunikasi dalam berkomunikasi. Sehingga, komunikasi tidak langsung ini umumnya digunakan dalam berkomunikasi jarak jauh.
ADVERTISEMENT
Email merupakan controh komunikasi tidak langsung karena memang dilakukan dengan cara tidak bertatap muka langsung. Email adalah singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet.
Media internet yang dimaksud bisa melalui komputer atau handphone yang memiliki akses internet. Pada umumnya mengirim surat biasa akan di kenakan biaya,namun pada email hanya dibutuhkan sambungan internet.
Email bisa dibilang adalah alamat resmi kita di dunia maya. Dengan menggunakan email kita dapat terhubung dalam berbagai kegiatan internet, seperti bergabung di situs jejaring sosial semisal Facebook dan twitter maka saat pendaftaran akan membutuhkan email.
Saat ini, Email telah berkembang hingga memiliki fungsi yang sangat beragam. Mengirim file, foto, video dan Chat dengan teman dan keluarga menjadi lebih muda
ADVERTISEMENT
Penggunaan email semakin menjadi kebutuhan dasar di era digital saat ini, mulai dari untuk mendaftar di aplikasi dan media sosial, surat- menyurat profesional, hingga dalam mendaftar di e-commerce.
Ada banyak sekali program dan aplikasi berbeda yang telah dirancang khusus untuk mengakses akun email Anda. Beberapa contohnya seperti Yahoo Mail dan Gmail yang dapat digunakan di perangkat ponsel atau laptop Anda dengan sistem iOS atau Android. (DNR)