Daftar Nama Pahlawan Revolusi Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

Konten dari Pengguna
22 Juli 2021 15:11 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pahlawan revolusi. Sumber: common.wikimedia.org
zoom-in-whitePerbesar
Pahlawan revolusi. Sumber: common.wikimedia.org
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pahlawan revolusi merupakan gelar yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada para perwira militer yang dahulu gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965 di Jakarta dan Yogyakarta. Adapun gelar ini juga telah ditetapkan melalui keputusan presiden yang diresmikan pada bulan Oktober 1965.
ADVERTISEMENT
Pada saat itu, Letkol Untung yang sekaligus merupakan komandan Batalyon Cakrabirawa, menculik tujuh perwira dengan alasan pengamanan presiden dari adanya upaya kudeta Dewan Jenderal. Tujuan Letkol Untung menculik mereka adalah karena rasa curiga kepada tujuh perwira tersebut akan melakukan kudeta terhadap Presiden Soekarno. Letkol Untung bersama para pasukannya berhasil menculik semua perwira tinggi, kecuali A.H Nasution.
Penculikan yang dilakukan pada tanggal 30 September 1965 ini akhirnya berakhir dengan pembunuhan. Letkol Untung menguburkan jenazah para perwira tersebut di daerah Lubang Buaya, Jakarta Timur. Sedangkan pembunuhan perwira militer juga terjadi di daerah Yogyakarta pada tanggal 1 Oktober 1965 yang memakan dua korban, yakni Brigjen Katamso dan Letkol Sugijono.

Daftar Nama Pahlawan Revolusi Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

Pahlawan revolusi. Sumber: common.wikimedia.org
Berikut adalah 10 daftar nama pahlawan revolusi Indonesia yang perlu kamu tahu dikutip dari buku UUD 1945 Lengkap dengan Pahlawan Nasional & Revolusi karya Tim Redaksi BIP (2018).
ADVERTISEMENT
Demikian 10 daftar nama pahlawan revolusi Indonesia beserta sejarah singkat kejadian 30 September 1965 yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sejarah kamu. (Anne)