Benua di Dunia dan Asal Usul Nama Masing-Masing

Konten dari Pengguna
14 Desember 2020 16:25 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada berapa benua di dunia ini? Ada yang menyebutkan enam, ada pula yang menyebutkan tujuh. Tujuh benua jika benua Amerika dihitung Amerika Utara dan Amerika Selatan.
ADVERTISEMENT
Tapi, pernahkah Anda merasa penasaran, dari mana nama-nama benua ini berasal? Siapa yang memberi nama semua benua di dunia ini? Yuk, cari tahu di artikel ini.

Asal Mula Benua di Dunia: Afrika

Berasal dari bahasa latin “Africa terra” sebagai bentuk jamak dari “afer”, nama Afrika dipakai untuk menyebutkan daerah utara benua tersebut yang sekarang merupakan negara Tunisia oleh orang Romawi dan Eropa lainnya.
Pada akhirnya, pemakaian nama Africa meluas sampai ke daerah Libya.

Eropa

Ada yang memercayai bahwa nama Eropa muncul menurut mitos dewa-dewi Yunani. Dalam mitos Yunani, Europa merupakan putri raja Agenor. Europa jatuh cinta pada Zeus, dan punya 3 putra.
Teori lain menyebutkan, bahwa orang Sumeria Kuno-lah yang menciptakan nama tersebut lantaran mereka menyebut daerah Mesopotamia, Anatolia, Levantine hingga Bosporus dengan sebutan “Ereb”, yang berarti adalah “tanah Barat” atau tanah tempat matahari terbenam.
ADVERTISEMENT

Asia

Asia, berasal dari bahasa Yunani, yang digunakan untuk menunjukkan daerah timur Laut Aegea, hingga kemudian sampai ke daerah Anatolia. Arti harfiahnya berasal dari kata “Asis” yang berarti daerah berlumpur.
Sedangkan, ada pula yang percaya bahwa Asia diambil dari bahasa Semit, yang berarti cahaya atau tanah matahari terbit.

Amerika

Ada yang menyebutkan, bahwa nama salah satu benua di dunia ini berasal dari seorang traveler, pedagang, dan pembuat peta dari Italia bernama Amerigo Vespucci Americus, yang menjadi orang pertama yang menemukan benua baru yang sekarang disebut sebagai Amerika itu.

Australia

Nama benua yang berada di sebelah selatan Indonesia ini dipercaya berasal dari bahasa latin, australis, yang berarti “selatan”. Orang-orang Romawi dan Eropa menyebutnya sebagai “Terra Australis Incognita”--tanah di selatan yang tidak diketahui.
ADVERTISEMENT

Antartika

Nama salah satu benua di dunia yang berada di ujung selatan Bumi ini berasal dari bahasa Yunani, “antarktike”. Kalau diartikan secara harfiah adalah “lawan dari selatan”. Nama ini diberikan oleh ahli membuat peta bernama John George Bartholomew.
Wah, menarik ya, ternyata menelusuri asal usul nama benua di dunia ini. Pengetahuan kita jadi bertambah. (CR)