Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Berdasarkan Genetika

Konten dari Pengguna
10 Januari 2021 20:13 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia  sumber ilustrasi: Satubmr
zoom-in-whitePerbesar
Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia sumber ilustrasi: Satubmr
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berdasarkan hasil penelitian dari Lembaga Eijkman, didapatkan hasil kalau bangsa Indonesia memiliki asal usul nenek moyang yang sama dari satu tempat. Penelitian didapat dari mempelajari DNA manusia Indonesia modern, yang dikelompokkan dalam populasi genetik.
ADVERTISEMENT
Menurut peneliti genetika dari lembaga Eijkman, Herawati Sudoyo, gelombang imigrasi membentuk latar belakang genetik orang-orang Indonesia berasal dari satu genetika yang sama. Untuk mengetahuinya bisa dengan menggunakan tiga marka genetika, yaitu DNA mitokondria, kromosom Y, dan autosom.

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia dari Genetika

Pertanyaan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia bisa dilakukan melalui rekonstruksi 50.000 tahun pergerakan populasi manusia nusantara yang melibatkan 100 populasi etnik dari 18 pulau menggunakan penanda DNA.
"Secara geografis, Indonesia itu punya peran penting sebagai penghubung daratan Asia dengan pulau-pulau Pasifik. Jawaban pertanyaan asal-usul didapat melalui rekonstruksi 50.000 tahun pergerakan populasi manusia Nusantara dalam studi yang melibatkan 100 populasi etnik dari 19 pulau menggunakan penanda DNA," kata Herawati.
ADVERTISEMENT
Hasil studi mtDNA dan kromosom Y menunjukkan periode hunian awal di kepulauan Nusantara berkisar antara 70-50 ribu tahun lalu. Dan berdasarkan ketiga marka genetika populasi itu, tidak ada kelompok yang memiliki komposisi gen 100 persen tanpa campuran.