Apa yang Terjadi Apabila Permintaan Terhadap Jagung Tinggi?

Konten dari Pengguna
2 Agustus 2021 14:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi? sumber gambar: https://www.pexels.com/
zoom-in-whitePerbesar
apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi? sumber gambar: https://www.pexels.com/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dikutip dari buku berjudul Jagung Manis karya Syukur & Rifianto (2013: 14), konsumsi jagung oleh masyarakat semakin mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah penduduk dan pola konsumsi. Jagung memiliki banyak manfaat sebagai bahan baku, entah untuk membuat pati jagung, gula jagung, sirup, susu, sari jagung manis dan laim-lain. Jika pola konsumsi terus meningkat, apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi?
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui bahwa permintaan jagung yang tinggi tidak selalu memberikan dampak yang positif. Adakalanya, sesuatu yang berlebihan bisa menyebabkan suatu permasalahan, bahkan dalam skala nasional. Apalagi jika urusannya soal bahan pangan seperti jagung.
Di perkotaan misalnya, masyarakat lebih senang mengkonsumsi jagung dengan direbus, dibakar, atau dibuat popcorn. Hal ini karena jagung mengandung gula alami, sehingga aman di konsumsi dengan berbagai macam cara. Namun, yang jadi masalah adalah permintaan jagung yang semakin tinggi hingga menyebabkan ketidakseimbangan harga.

Penyebab Naiknya Permintaan Jagung

apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi? sumber gambar: https://www.pexels.com/
Apa saja yang menyebabkan permintaan jagung mengalami peningkatan? Simak penjelasannya di bawah ini:
1. Semakin banyak tempat usaha berbasis kuliner
Dengan semakin merebaknya pasar, swalayan, rumah makan, hotel dan lain-lain, membuat kebutuhan bahan pangan jagung semakin meningkat. Apalagi di wilayah perkotaan dan pinggiran perkotaan yang lekat dengan nuansa pariwisata.
ADVERTISEMENT
2. Untuk memenuhi kebutuhan ekspor jagung
Bukan hanya itu, permintaan jagung di berbagai pasar lokal juga terus mengalami kenaikan, bahkan mencapai 1,5 ton/hari. Hal ini karena permintaan jagung tidak hanya terjadi di dalam negeri tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan ekspor ke luar negeri.
3. Pengembangan bioetanol
Selain untuk konsumsi dan bahan baku industri, jagung juga dimanfaatkan untuk pengembangan bioetanol yang mengakibatkan permintaan jagung dunia terus meningkat.
Adapun fungsi bioetanol yaitu sebagai bahan baku kosmetik, bahan bakar dan farmasi. Penggunaan bioetanol dinilai lebih ramah lingkungan karena dapat diproduksi terus menerus.
Dampak Permintaan Jagung Tinggi
Setelah mengetahui penyebab naiknya permintaan jagung, mari telisik apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa kenaikan permintaan dapat menyebabkan ketidakseimbangan harga.
ADVERTISEMENT
Apabila permintaan jagung tinggi, maka harga jagung akan mengalami kenaikan. Apabila harganya naik, maka stok jagung akan cepat menipis atau bahkan habis, sehingga dapat menyebabkan kelangkaan. Jika terjadi kelangkaan pada jagung, maka persebaran atau distribusi jagung di berbagai wilayah menjadi tidak merata.
(DLA)