6 Tanggung Jawab Masyarakat dalam Menjaga Lingkungan dari Sampah

Konten dari Pengguna
12 Mei 2022 20:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi menjaga lingkungan dari sampah. Foto: unsplash.com/jasmin_sessler
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menjaga lingkungan dari sampah. Foto: unsplash.com/jasmin_sessler
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam lingkungan terdapat berbagai hal yang saling membutuhkan satu sama lain. Maka dari itu, manusia memiliki beberapa tenggung jawab dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar, salah satunya adalah sampah. Walupun sepele, sampah jika menumpuk dapat mengganggu ekosistem yang ada pada sebuah lingkungan. Di sisi lain, sampah yang berserakan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang akhirnya masyarakat yang terkena dampaknya. Nah, agar hal-hal tersebut tidak sampai terjadi, berikut 6 tanggung jawab masyarakat dalam menjaga lingkungan dari sampah.
ADVERTISEMENT

6 Tanggung Jawab Masyarakat dalam Menjaga Lingkungan dari Sampah

Tanggung jawab merupakan sikap atau perilaku sebagai wujud dari kesadaran akan kewajiban yang dimilikinya. Sebab dengan sikap tanggung jawab berarti sudah melaksanakan hal yang seharusnya dibebankan.
Lalu kenapa harus menjaga lingkungan dari sampah?
Dikutip dari buku Kayanya Negeriku karya Rumiyati, M.Pd. dan Tatang, M.Pd. (2014:66-67), dampak dari sebuah lingkungan apabila masyarakat tidak bertanggung jawab akan kebersihan sampah antara lain :

1. Terjadinya Bencana Alam

Bencana alam dapat terjadi karena beberapa hal, salah satunya sampah. Sampah apabila dibuang di sungai, dampaknya adalah banjir. Hal ini disebabkan karena aliran air yang tersumbat oleh sampah.

2. Kerusakan Lingkungan

Sampah yang menumpuk dapat merusak lingkungan. Hal ini disebabkan karena sampah dapat membunuh hewan dan tumbuhan. Di sisi lain, sampah yang berada disebuah tempat dalam kurun waktu cukup lama dapat membuat kerusakan pada tanah.
ADVERTISEMENT

3. Pencemaran Lingkungan

Sampah yang dibuang sembarangan dapat membuat lingkungan tercemar yang pada akhirnya para masyarakat yang terkena dampaknya.

4. Munculnya Banyak Penyakit

Lingkungan yang kotor akan menjadi sarang kuman dan virus yang bisa menyebabkan penyakit dan menular pada masyarakat.
Ilustrasi sampah yang mencemari lingkungan. Foto: unsplash.com/naja_bertolt_jensen
Lalu apa sajakah bentuk tanggung jawab kita sebagai masyarakat dalam menjaga lingkungan dari sampah?
Dengan melakukan hal-hal di atas, lingkungan akan menjadi bersih dan ekosistem akan berjalan sebagaimana mestinya. Pada akhirnya, masyarakat juga diuntungkan. Maka dari itu, yuk selalu jaga kebersihan lingkungan kita dari sampah! (MZM)