Waktu Sholat Dhuha yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
21 November 2020 21:01 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Waktu Sholat Foto: dok Muslim Village
zoom-in-whitePerbesar
Waktu Sholat Foto: dok Muslim Village
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Waktu sholat dhuha sebenarnya memiliki masa yang relatif panjang pada pagi hari. Menurut banyak sumber, waktu dhuha sendiri dimulai 20 menit setelah matahari terbit dan berakhir 15 menit sebelum adzan dzuhur. Itu berarti waktu sholat dhuha bisa dimulai sejak sekitar pukul setengah enam pagi hingga pukul sebelas siang.
ADVERTISEMENT
Sedangkan berdasarkan salah satu pernyataan ulama, yakni Ustadz Abdul Somad, waktu shalat dhuha sendiri ialah dimulai sejak 12 menit setelah matahari terbit hingga 10 menit sebelum datang waktu dzuhur.
Menunaikan ibadah sunah shalat dhuha sendiri merupakan salah satu anjuran Nabi Muhammad SAW. Pasalnya, melaksanakan sholat dhuha sendiri bisa diibaratkan bahwa kita tengah bersedekah. Hal tersebut sendiri tercantum dalam hadis Rasulullah.
Di pagi hari, setiap sendi Anda harus membayar sedekah (amal). Setiap SubhanAllah adalah sedekah, setiap Alhamdulillāh adalah sedekah, setiap La Ilaha Illa Allah adalah sedekah, setiap Allahu Akbar adalah sedekah, setiap perintah kebaikan adalah sedekah, dan setiap melarang kemungkaran adalah sedekah dan semua itu dapat dicukupi dengan melaksanakan dua rakaat shalat dhuha." (HR Muslim dan Abu Dawud)
ADVERTISEMENT

Waktu Sholat Dhuha Sesuai Sunah

Berkat waktunya yang relatif panjang, kamu tentu mulai berpikir mana waktu sholat dhuha terbaik yang bisa jadi pilihan. Tak perlu khawatir, sebab waktu-waktu tersebut merupakan waktu yang baik untuk melakukan ibadah sholat dhuha ya!
Namun jika kamu masih kurang yakin, Nabi Muhammad SAW sendiri telah menganjurkan umat muslim untuk melaksanakan sholat dhuha saat matahari mulai menampakan panasnya. Hal tersebut sendiri telah Rasulullah SAW sampaikan melalui hadis yang berbunyi: “Tidaklah mereka mengetahui bahwa sholat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: ‘Sholat orang-orang awwabin (taat, kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’.” (HR. Muslim)
Menurut beberapa informasi, jika diperkirakan dengan waktu Indonesia bagian barat, waktu sholat dhuha sesuai sunah Nabi Muhammad di atas, bisa dilakukan pada sekitar pukul sembilan pagi. Namun agar semakin yakin, kamu bisa kembali mengecek jadwal sholat melalui platform online seperti jadwalsholat.org ya! (HAI)
ADVERTISEMENT