Ulasan tentang Konsep Terbentuknya Suatu Bangsa Menurut Ernest Renan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
12 Agustus 2022 18:48 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi konsep terbentuknya bangsa menurut Ernest Renan. Foto: unsplash.com/curranrob
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi konsep terbentuknya bangsa menurut Ernest Renan. Foto: unsplash.com/curranrob
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Manusia adalah makhluk tuhan yang paling sempurna. Meski begitu, manusia tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupanya. Bahkan, sejak masa prasejarah hingga saat ini, manusia selalu hidup secara berkelompok. Maka dari itu terbentuklah negara yang didirikan dengan mencapai tujuan yang sama dan membentuk sebuah bangsa. Para ahli menjelaskan berbagai konsep terbentuknya bangsa. Misalnya saja, menurut Ernets Renan, bangsa terjadi karena adanya persatuan nasib. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.
ADVERTISEMENT

Ulasan tentang Konsep Terbentuknya Sebuah Bangsa Menurut Ernest Renan

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bangsa adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.
Sedangkan dikutip dari buku Pengantar Ilmu Politik: Suatu Dasar Bagi Pemula karya Yusa Djuyandi, S.IP., M.Si. (2017:97), menurut seorang filsuf sekaligus sejarawan asal Prancis, Ernest Renan mennjelaskan bahwa sebuah bangsa terbentuk dari kehendak untuk bersatu. Ia menyebutnya dengan Le désir d'etre ensemble atau terbentuknya bangsa kaena adanya keinginan untuk hidup bersama dengan perasaan setia kawan yang didorong oleh adanya persamaan sejarah, nasib, dan cita-cita.

Faktor Pembentukan Sebuah Bangsa

Terdapat banyak sekali faktor yang mempengatuhi terbentuknya sebuah bangsa. Namun secara identitasnya, faktor dari pembentukan bangsa terdiri dari lima hal, yaitu:
ADVERTISEMENT
Ilustrasi sebuah bangsa. Foto: unsplash.com/dylu

Perbedaan antara Bangsa dan Negara

Banyak orang yang mengucapkan bangsa dan negara dalam satu kata. Akibatnya masyarakat mengira bahwa dua kata tersebut memiliki makna yang sama. Padahal, keduanya istilah tersebut cukup berbeda. Perbedaan antara bangsa dan negara di antaranya:

Unsur Pembentukan

Unsur pertama yang membedakan bangsa dan negara adalah unsur terbentunya. Sebuah bangsa berdiri melalui adanya kesamaan antara satu orang dengan lainnya. Sedangkan negara terbentuk karena sekelompok orang pada suatu wilayah yang diatur oleh sebuah pemerintahan.
ADVERTISEMENT

Anggota

Perbedaan kedua antara bangsa dan negara adalah anggota yang ada di dalamnya. Secara umum, anggota dari sebuah bangsa terikat karena kesamaan namun tidak memiliki bukti tertulis. Di sisi lain, anggota negara harus memiliki bukti tertulis.

Sifat

Perbedaan ketiga dari bangsa dan negara terletak pada sifat. Jika sebuah bangsa umumnya akan memberikan kebebasan kepada setiap anggota tanpa ada ikatan tertentu. Sedangkan negara memiliki aturan yang jelas dan harus diikuti anggotannya. Jika peraturan tersebut di langgar, maka akan mendapatkan hukuman.
Demikianlah penjelasan tentang terbentuknya sebuah bangsa menurut Ernest Renan. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan terhadap peradaban manusia pada sebuah tempat.(MZM)