Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Cara Alami

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
21 Oktober 2022 18:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Cara Alami (Foto: Hans Reniers | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Cara Alami (Foto: Hans Reniers | Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bau badan yang menyengat akan menimbulkan rasa tidak percaya diri. Selain itu, bau badan juga akan mengganggu orang di sekitar. Sudah banyak orang yang yang mengandalkan deodoran untuk menangkal bau badan. Deodoran memang cukup efektif, namun ternyata ada cara alami untuk mengatasi bau badan. Bagaimana tips menghilangkan bau badan?
ADVERTISEMENT
Kebanyakan orang mengira keringat adalah penyebab bau badan. Padahal keringat tidak memiliki bau. Salah satu penyebab bau badan adalah keringat yang bercampur dengan bakteri. Simak penjelasan dan tips menghilangkan bau badan dengan cara alami berikut ini agar kalian semakin percaya diri.

Tips Menghilangkan Bau Badan

Ilustrasi Tips Menghilangkan Bau Badan (Foto: Na Visky | Unsplash.com)
Dikutip dari Sinyal Bahaya dari Tubuh oleh Wijaya (2015), sebagian besar kandungan keringat adalah air yang tidak menimbulkan bau. Bau badan muncul akibat adanya bakteri dan jamur tertentu yang mengurai keringat dan melepaskan bahan kimia yang mudah menguap dan menyebarkan bau tidak sedap.
Tubuh mengeluarkan keringat untuk mengatur suhu tubuh. Keringat yang dikeluarkan oleh tubuh dihasilkan oleh kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang biasanya muncul di tangan, punggung, dan dahi. Sedangkan kelenjar apokrin terdapat di daerah perakaran rambut terutama di ketiak, kemaluan, dan dalam hidung. Kelenjar apokrin ini baru aktif saat seseorang sudah memasuki masa pubertas.
ADVERTISEMENT
Berikut ini tips menghilangkan bau badan dengan cara alami:

Soda Kue

Soda kue tidak hanya bisa untuk membuat kue saja tapi juga bisa menghilangkan bau badan. Bahan ini dipercaya bisa menyerap keringat dan menekan perkembangbiakan bakteri. Caranya adalah dengan mengoleskan langsung di ketiak atau bisa ditambahkan dengan sari lemon. Selain oleskan ke ketiak, kalian juga bisa mengoleskan di antara jari kaki dan bersihkan sisa soda kue yang ada. Cara lain yang lebih praktis adalah campurkan satu cangkir air dengan dua sendok makan soda kue dan simpan di botol semprot. Tinggal semprotkan cairan ini ke bagian tubuh yang banyak berkeringat.

Cuka Apel

Tips selanjutnya adalah memakai cuka apel. Cuka apel bisa membunuh bakteri dan mengubah pH kulit. Caranya adalah basahi kapas dengan cuka apel dan oleh ke ketiak, diamkan sekitar 10 menit kemudian bilas. Cara lainnya adalah dengan melarutkan dua sendok makan cuka apel dengan satu cangkir air dan masukkan ke botol semprot. Larutan ini bisa kalian semprotkan ke tubuh.
ADVERTISEMENT

Teh Hijau

Tips berikutnya adalah menggunakan teh hijau. Caranya adalah seduh daun teh hijau, biarkan hingga dingin dan oleskan ke ketiak.
Demikian tips menghilangkan bau badan dengan cara alami yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat. (KRIS)