Tips Cara Membeli Pepaya yang Matang dan Enak

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
2 Desember 2022 20:18 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips cara membeli pepaya yang matang dan enak, sumber foto Debora Cardenas on Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips cara membeli pepaya yang matang dan enak, sumber foto Debora Cardenas on Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pepaya merupakan salah buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Buah pepaya juga menjadi salah buah yang sering ditemui dipasaran, lalu bagaimana tips cara membeli pepaya yang matang dan enak? Berikut adalah penjelasannya lengkap untuk kalian.
ADVERTISEMENT

Tips Cara Membeli Pepaya yang Matang

Ilustrasi tips cara membeli pepaya yang matang dan enak, sumber foto Brenda Melgoza on Unsplash
Pepaya sebenarnya bukan buah asli Indonesia, buah ini awalnya banyak ditemukan di wilayah Meksiko bagian selatan serta bagian utara dari daratan Amerika. Untuk memilih buah pepaya yang enak dan matang, ada beberapa tips yang bisa kalian coba. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Perhatikan dan Tampilan Luar

Hal pertama yang harus kalian perhatikan ketika memilih buah pepaya adalah melihat warna dan tekstur buahnya. Pastikan memilih pepaya dengan warna yang hijau kekuningan hingga jingga kemerahan atau memilih daging buah pepaya yang telah oranye sempurna sehingga terasa bahwa kematangan dari pepaya tersebut baik dan aman dikonsumsi.
Ketika memilih buah pepaya satu hal yang harus kalian hindari adalah memilih yang masih hijau karena rasanya tidak manis. Namun begitu, pepaya yang hijau seperti ini cocok bagi yang ingin mengolah pepaya sebagai hidangan sayur pepaya muda
ADVERTISEMENT

Perhatikan Tekstur

Tekstur menjadi poin kedua yang harus kalian perhatikan ketika memilih buah pepaya. Pastikan untuk memilih buah pepaya yang memiliki tekstur pas dan lembut agar rasanya pun tetap manis dan lezat untuk dikonsumsi. Apabila pepaya masih terasa keras, artinya daging pepaya tersebut belum matang sekalipun sudah berwarna oranye.

Perhatikan Aroma

Aroma menjadi poin ketiga yang harus diperhatikan ketika akan memilih buah pepaya untuk dikonsumsi.
Pepaya yang matang memiliki aroma khas yang manis dan lembut layaknya buah yang telah matang sempurna. Jika kita tidak mencium aroma apapun pada pepaya, mungkin saja itu menjadi salah satu indikasi bahwa pepaya tersebut belum matang.

Manfaat Pepaya

Setelah mengetahui cara memilih buah pepaya yang matang dan enak, selanjutnya akan kita bahas terkait dengan manfaat buah pepaya. Dikutip dari buku Pemanfaatan Potensi Buah Pepaya karya Febi Yosita dijelaskan bahwa Pepaya mengandung vitamin yang baik untuk tubuh, terkenal memiliki sifat antioksidan seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin C.
ADVERTISEMENT
Buah berwarna oranye ini juga memberikan vitamin B kompleks dan mineral seperti potasium, tembaga dan magnesium. Buah pepaya matang sangat unggul dalam hal betakaroten (276 mikrogram/100 g), betacryptoxanthin (761 mikrogram/100 g), serta lutein dan zeaxanthin (75 mikrogram/100 g). Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal serangan radikal bebas.
Untuk manfaatnya sendiri bagi tubuh ada beberapa, di antaranya adalah sebagai berikut :
Demikian adalah pembahasan mengenai cara memilih dan manfaat dari buah pepaya. (WWN)