Terjemahan Surat Al Bayyinah dan Kandungan Maknanya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 Juni 2021 19:00 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi membaca surat Al Bayyinah. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membaca surat Al Bayyinah. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Surat Al Bayyinah merupakan surat pendek dalam juz amma yang termasuk golongan surat Madaniyyah (diturunkan di kota Madinah). Sebagai bagian dari golongan surat Madaniyah, maka isi pokok kandungan surat satu ini akan berhubungan dengan hukum-hukum yang ada dalam ruang lingkup islam.
ADVERTISEMENT
Dikutip lewat isi Al Qur’an dan Terjemahannya, Soenarjo (1971: 1083), pokok isi ataupun makna surat pendek Al Bayyinah sendiri menerangkan bahwasanya ajaran Rasulullah SAW merupakan ajaran yang lurus, benar dan perlu untuk diikuti orang-orang beriman, bahkan bagi mereka yang beriman kepada nabi sebelumnya.

Terjemahan dan Makna Surat Al Bayyinah

Agar semakin paham bagaimana isi kandungan surat Al Bayyinah tersebut, maka umat muslim perlu mengetahui terjemahan dari surat ke-98 berikut ini:
ADVERTISEMENT
Berdasarkan isi terjemahan surat Al Bayyinah tadi, maka kita bisa melihat bahwasanya surat tersebut juga menerangkan bahwa orang-orang musrik/kafir yang mengingkari keimanan mereka atas Rasulullah SAW dan alquran akan kekal di neraka jahanam. Sebaliknya bagi umat muslim yang senantiasa mengikuti ajaran lurus Rasulullah dan alquran, maka mereka termasuk sebaik-baiknya makhluk dan kelak dapat masuk ke dalam surga.
Sebagai bagian dari umat muslim, maka kita haruslah senantiasa mengimani bahwasanya Rasulullah SAW adalah utusan Allah yang harus kita ikuti sebagaimana isi kandungan surat Al Bayyinah tadi. Disamping itu, kita juga patut untuk selalu menjadikan alquran sebagai kitab yang lurus (benar) untuk dijadikan pedoman hidup yang diridhoi oleh Allah SWT. (HAI)