Sifat Trapesium Lengkap dengan Jenis dan Ciri-Cirinya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
22 September 2022 20:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sifat trapesium. Sumber: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Sifat trapesium. Sumber: unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Trapesium adalah salah satu jenis bangun datar yang sebenarnya sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja mungkin kamu tidak menyadarinya. Secara umum, trapesium ini mempunyai bentuk yang sangat unik karena terlihat seperti gabungan antara bangun datar segitiga dan persegi. Nah, untuk Anda yang sedang mencari sifat trapesium beserta jenis dan ciri-cirinya, simak artikel ini sampai akhir, ya.
ADVERTISEMENT

Sifat Trapesium

Mengutip dari buku Rangkuman Matematika SMP karya Nurjanah (2009:160), berikut ini adalah berbagai sifat trapesium yang dapat Anda ketahui.
Sifat trapesium. Sumber: unsplash.com

Jenis-Jenis Trapesium

Adapun berbagai jenis-jenis trapesium antara lain sebagai berikut.

1. Trapesium Siku-Siku

Trapesium siku-siku mempunyai dua buah sudut yang membentuk sudut siku-siku dengan kedua sisi yang sejajar tegak lurus dari salah satu kaki trapesium tersebut. Pada jenis trapesium ini, tidak memiliki simetri lipat dan hanya memiliki satu simetri putar saja.
ADVERTISEMENT

2. Trapesium Sama Kaki

Trapesium sama kaki adalah jenis trapesium dengan dua sisi yang sama panjangnya. Jenis trapesium ini bisa dilipat menjadi dua bagian yang sama besar dan memiliki satu simetri putar.

3. Trapesium Sembarang

Bentuk trapesium jenis ini terbilang cukup sulit untuk didefinisikan. Sebab, bentuknya hampir menyerupai kedua jenis trapesium sebelumnya. Namun, yang membedakan adalah panjang sisi yang saling berbeda dan tidak terlihat adanya sisi yang saling tegak lurus.

Ciri-Ciri Trapesium

Setelah mengetahui sifat dan jenis trapesium, berikut adalah ciri-ciri trapesium yang wajib Anda kenali.
ADVERTISEMENT
Nah, itu dia penjelasan singkat tentang sifat trapesium, jenis, hingga ciri-cirinya yang sangat menarik untuk diketahui. Bagi Anda yang sedang mendapat materi ini di sekolah, semoga paham dengan informasi di atas, ya. (Anne)