Satu Mil Sama dengan Berapa Kilometer? Ini Hitungan Tepatnya dalam Matematika

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
23 September 2022 18:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Perhitungan Satu Mil Sama dengan Berapa Kilometer. Foto: dok. Sven Mieke  (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perhitungan Satu Mil Sama dengan Berapa Kilometer. Foto: dok. Sven Mieke (Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Satuan ukuran matematika yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari menjadi hal yang cukup familiar kita temui. Salah satu satuan ukuran yang banyak ditemukan di sekitar kita adalah ukuran kilometer. Lalu, satu mil sama dengan berapa kilometer? Mari simak ulasan lengkap mengenai perhitungan mil dan kilometer yang tepat dalam artikel berikut.
ADVERTISEMENT

Satu Mil Sama dengan Berapa Kilometer? Ini Hitungan Tepatnya dalam Matematika

Dalam pelajaran Matematika, terdapat banyak sekali pembahasan materi hitungan terkait dengan satuan ukuran yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, saat memasak, Anda tentu membutuhkan satuan ukuran tertentu untuk menentukan berat dan takaran bahan masakan agar rasanya enak. Tak hanya itu, satuan ukuran juga banyak digunakan dalam mengukur jarak.
Ilustrasi Perhitungan Satu Mil Sama dengan Berapa Kilometer. Foto: dok. eskay lim (Unsplash.com)
Dalam mengukur jarak antara suatu tempat ke tempat lainnya, biasanya kita menggunakan satuan kilometer. Pembahasan mengenai satuan ukuran kilometer dipaparkan dalam buku Seri Matematika: Matematika 4 untuk SD/MI yang disusun oleh Dian Amalia, ‎Imam Wahyudi (2019: 133) yang memaparkan bahwa satuan panjang juga bisa dinyatakan dengan kilometer atau km. Satu kilometer nilainya sama dengan 1000 meter.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, dalam buku tersebut juga memaparkan bahwa mengubah satuan ke bentuk satuan yang lain disebut dengan konversi. Konversi dalam matematika juga dapat dilakukan dalam satuan kilometer ke mil. Satu mil sama dengan berapa kilometer? Sesuai dengan standar satuan internasional yang berlaku, satu mil sama dengan 1,609 km atau 5280 kaki.
Satuan kilometer biasanya lebih umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengukur panjang atau jarak antara satu tempat dengan tempat lain. Sedangkan satuan ukuran mil atau mile cukup banyak digunakan di negara Amerika Serikat dan Britania Raya. Biasanya, di negara-negara tersebut menggunakan mil darat untuk mengukur jarak di darat dan mil laut untuk mengukur jarak laut atau perjalanan udara.
Ilustrasi Perhitungan Satu Mil Sama dengan Berapa Kilometer. Foto: dok. William Warby (Unsplash.com)
Berbeda dengan mil darat yang umum digunakan untuk jarak daratan dengan standar ukuran satu mil sama dengan 1,609 km. Satuan mil laut setara dengan 1,852 km. selain digunakan untuk mengukur jarak laut atau perjalanan udara, satuan ini juga umum digunakan pada hukum dan perjanjian internasional, terutama menyangkut batas wilayah perairan.
ADVERTISEMENT
Itu dia pemaparan singkat mengenai perhitungan satu mil sama dengan berapa kilometer dan contoh penggunaannya. Pengetahuan ini dapat Anda jadikan sebagai wawasan tambahan mengenai satuan ukuran yang umum digunakan dalam keseharian. (DAP)