Rekomendasi Aplikasi Arah Kiblat untuk Memudahkan Umat Muslim

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 September 2021 14:56 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi artikel Rekomendasi Aplikasi Arah Kiblat untuk Memudahkan Umat Muslim. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi artikel Rekomendasi Aplikasi Arah Kiblat untuk Memudahkan Umat Muslim. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kiblat adalah acuan bagi umat Muslim dalam melaksanakan ibadah sholat. Menghadap kiblat adalah salah satu syarat sah sholat. Arah kiblat berada di kawasan Ka'bah di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi. Arah kiblat yang menjadi pedoman bagi umat Muslim di Indonesia adalah arah barat laut.
ADVERTISEMENT
Sebagai umat Muslim, penting untuk mengetahui arah kiblat dalam mengerjakan sholat di mana pun. Namun sering menemukan kebingungan ketika harus menentukan arah kiblat yang tepat ketika sedang bepergian, terutama jika di daerah tempat bepergian tersebut tidak menemukan masjid atau mushola.
Pada masa modern ini, menemukan arah kiblat dapat dilakukan secara cepat dengan kecanggihan teknologi aplikasi smartphone yang bisa anda akses di mana saja. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi arah kiblat yang dapat memudahkan umat Muslim untuk mencari tahu arah kiblat saat bepergian.

Rekomendasi Aplikasi Arah Kiblat.

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi arah kiblat yang bermanfaat untuk setiap muslim.
Aplikasi ini bermanfaat dalam menemukan arah kiblat secara tepat karena berdasarkan GPS yang ada di smartphone anda.
ADVERTISEMENT
Muslim Pro adalah aplikasi yang sangat populer di kalangan umat Muslim. Aplikasi ini selain berguna untuk mencari tahu arah kiblat juga memiliki fitur Al Quran lengkap dengan tajwid dan juga terjemahannya. Sangat bermanfaat untuk anda yang sedang belajar membaca Al Quran.
Google earth adalah aplikasi online yang berbasis citra satelit yang menghasilkan penampakan permukaan bumi dari citra satelit. Mengutip buku Kepunyaan Allah Timur dan Barat oleh Muh. Hadi Bashori (2014:170), dalam menggunakan google earth untuk mencari kiblat, anda hanya perlu mengisi nama tempat yang sedang anda cari arah kiblatnya, sedangkan untuk mengecek atau validasi arah kiblat bisa dengan menunjuk masjid dengan bantuan kolom pencari search dalam google earth.
Ilustrasi artikel Rekomendasi Aplikasi Arah Kiblat untuk Memudahkan Umat Muslim. Sumber: pexels.com
Itulah rekomendasi aplikasi untuk mencari arah kiblat yang bermanfaat untuk umat Islam dalam menentukan arah kiblat selama bepergian di tempat lain. Semoga dapat dijadikan referensi dalam mencari aplikasi menentukan arah kiblat yang praktis.(IND)
ADVERTISEMENT