Posisi Gurun Libya yang Berada di Barat Lembah Sungai Nil

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
4 September 2022 17:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Gurun Libya yang Berada di Barat Lembah Sungai Nil. (Foto: wbwolfgang by https://pixabay.com/id/)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Gurun Libya yang Berada di Barat Lembah Sungai Nil. (Foto: wbwolfgang by https://pixabay.com/id/)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Negara Mesir atau Arab Republic of Egypt terletak di kawasan Afrika Utara dengan ibukotanya Kairo. Negara ini terletak pada lintang 22º LU–31º LU dan 25º BT–36º BT. Luas wilayah negara Mesir sekitar 997.739 km2 dengan berbagai bentang alam yang memukau. Salah satu bentang alam negara Mesir yang populer di mata internasional adalah Gurun Libya. Gurun ini terletak di sebelah barat Sungai Nil dan masih merupakan bagian dari Gurun Sahara. Ya, posisi Gurun Libya berada di sebelah barat dari Lembah Sungai Nil. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai Gurun Libya, salah satu bentang alam di Mesir.
ADVERTISEMENT

Mengenal Gurun Libya yang Populer di Internasional

Ilustrasi Gurun Libya yang Berada di Barat Lembah Sungai Nil. (Foto: WikiImages by https://pixabay.com/id/)
Dikutip dari buku Cakrawala Geografi SMP Kelas IX 3 yang ditulis oleh Munawir, dkk (2007: 115), posisi Gurun Libya berada di sebelah barat dari Lembah Sungai Nil dan masih merupakan bagian dari Gurun Sahara. Gurun ini berupa plato tandus dengan ketinggian 1.800 m. Adapun di wilayah ini terdapat sebuah depresi atau permukaan tanah yang terletak di bawah permukaan air laut serendah 134 m yang disebut dengan Depresi Qattara. Selain itu, di sini juga terdapat oasis-oasis yang diusahakan untuk pertanian, seperti Oasis Siwa, Farafa, dan Harga.
Sebagian besar wilayah Mesir berupa gurun pasir, karena wilayahnya yang luas. Adapun Mesir juga memiliki bentang alam lain selain Gurun Libya, seperti Semenanjung Sinai yang terletak di sebelah timur Laut Merah dan berbatasan langsung dengan negara Israel, Gurun Arabia yang terletak di timur Sungai Nil membentang ke timur sampai Laut Merah, serta Lembah Nil yang merupakan dataran rendah yang subur dan merupakan daerah pertanian di Mesir.
ADVERTISEMENT
Negara Mesir merupakan salah satu negara di kawasan Afrika Utara dengan bentang alam yang memukau, salah satunya Gurun Libya. Posisi Gurun Libya berada di sebelah barat dari Lembah Sungai Nil dan masih merupakan bagian dari Gurun Sahara. Semoga bermanfaat! (CHL)