Penulisan Daftar Pustaka yang Benar sesuai APA Style Edisi 6 untuk Skripsi

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
23 Januari 2021 17:17 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kelulusan Mahasiswa, Foto: Dok. Pinterest/Refinery29
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kelulusan Mahasiswa, Foto: Dok. Pinterest/Refinery29
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Membuat skripsi merupakan bagian dari syarat kelulusan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di tingkat strata di perguruan tinggi. Dalam menulis sebuah skripsi, penulis perlu memperhatikan beberapa struktur penulisannya.
ADVERTISEMENT
Struktur penulisan skripsi pada umumnya meliputi cover, halaman judul, lembar pengesahan, penyataan orisinalitas, abstrak, kata pengantar, daftar isi, tabel dan juga gambar, pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, daftar pustaka hingga lampiran.

Penulisan Daftar Pustaka dalam Skripsi

Menulis daftar pustaka dalam skripsi merupakan hal yang cukup krusial untuk menghindari praktik plagiarisme. Penulisan daftar pustaka pun tersedia dalam berbagai style, mulai dari APA Style, MLA Style, Chicago Style, Havard Style dan IEE.
Adapun penulisan daftar pustaka dalam skripsi yang sesuai dengan APA Style Edisi 6 adalah sebagai berikut:
Menulis daftar pustaka yang benar dalam skripsi sesuai dengan APA Style Edisi 6 mengacu pada konsep Nama, Tahun, Judul, Tempat Terbit, dan Penerbit. Konsep ini juga sering disebut sebagai NA.TA.JU.TEM:PE.
ADVERTISEMENT
Hal yang perlu diingat dalam penulisan daftar pustaka menggunakan APA Style Edisi 6 adalah selalu menulis nama belakang penulis terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa contoh penulisan daftar pustaka dengan APA Style Edisi 6 sesuai dengan sumbernya:
Buku
Supranto, J. (2000). Teknik Sampling untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.
Jurnal
Kohn, R., Saxena, S., Levav, I., & Saraceno, B. (2004). The treatment gap in mental health care. Bulletin of the World Health Organization, 82(11), 858–866. doi: 10 042-96862004001100011
Internet
Kumparan.com (2021, 21 Januari). Contoh Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, Internet Sesuai dengan APA Style. Diakses pada 23 Januari 2020, dari https://kumparan.com/berita-terkini/contoh-daftar-pustaka-dari-buku-jurnal-internet-sesuai-dengan-apa-style-1v1TJW6dKv2/full
Jangan lupa menulis sitasi dan melakukan parafrase agar terhindar dari praktik plagiarisme dalam skrispsi, ya! Penulisan sitasi dalam skripsi bisa menggunakan format berikut:
ADVERTISEMENT
Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan kamu mengenai penulisan daftar pustaka yang mengacu pada APA Style Edisi 6. (RYFA)