Penjelasan Arti Jazakallah Khairan Katsiiraa dan Cara Menjawabnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
6 Oktober 2021 16:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi wanita yang mengucapkat jazakallah khairan katsiira. Sumber: https://www.freepik.com/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wanita yang mengucapkat jazakallah khairan katsiira. Sumber: https://www.freepik.com/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Manusia adalah makhluk sosial yang saling menolong satu sama lain. Ketika seseorang menerima kebaikan dari orang lain dengan ucapkan terima kasih. Untuk umat Muslim, terdapat ucapan terima kasih yang dapat diucapkan kepada umat Muslim yang telah memberi bantuan, yaitu jazakallah khairan katsiiraa.
ADVERTISEMENT
Ucapan jazakallah khairan katsiiraa bukan hanya ucapan biasa, namun memiliki makna yang sangat mendalam. Lantas apa arti dari jazakallah khaitan katsiiraa dan cara menjawabnya?

Arti Jazakallah Khairan Katsiiraa dan Cara Menjawabnya

Ketika seseorang mendapati kebaikan dari orang lain, maka orang yang mendapat kebaikan untuk membalasnya sekurang-kurangnya dengan ucapkan terima kasih.
Sebagai mana yang tertulis dalam Kepribadian Wanita Muslimah karya Muhammad Ali al-Hasyimi dan Nandi Pinta Ilham (2019: 322) berterima kasih atas kebaikan merupakan ajaran Nabi Muhammad. Hal ini bukan hanya sekedar tata krama sosial, namun membalas kebaikan dengan tulus.
Adapun bacaan dan arti jazakallah khaitan katsiiraa.
جَزَا كَ الله خَيْرًا كَثِيْرًا
Artinya, “Semoga Allah membalas Anda dengan banyak kebaikan”
ADVERTISEMENT
Mengucapkan jazakallah khaoran katsiira merupakan ajaran Nabi Muhammad. Sebagaimana yang dijelaskan dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Ilustrasi laki-laki mengucapkan jazakallah khairan katsiira. Sumber: https://www.freepik.com/
Terdapat dua cara menjawab jazakallah khaitan katsiiraa mengikuti lawan bicara. Sebab bahasa Arab mengenal gender dalam berkomunikasi.
Pertama
Artinya, “Semoga Allah memberi, begitu juga Anda.”
Kedua
Artinya, “semoga Allah membalas Anda dengan banyak kebaikan juga.”
Itulah penjelasan tentang arti dan cara menjawab jazakallah khaitan katsiiraa yang diperintahkan langsung Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ucapan tersebut sebagai menyanjung sekaligus mendoakan agar kebaikanya dibalas Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Setelah mengetahui kebaikan dari jazakallah khaitan katsiiraa, dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar medapat kebaikan kepada Allah SWT kepada seluruh umat Muslim. (MZM)