Pengertian Supervisi Pendidikan beserta Fungsinya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
24 Maret 2023 17:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Supervisi Pendidikan. Foto: dok. Kenny Eliason (Unsplash)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Supervisi Pendidikan. Foto: dok. Kenny Eliason (Unsplash)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Supervisi pendidikan adalah salah satu cara yang dilakukan dalam lembaga pendidikan untuk memperbaiki sistem pendidikan. Untuk mengetahui apa itu supervisi pendidikan beserta fungsinya, mari kita simak pembahasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT

Pengertian Supervisi Pendidikan dan Fungsinya

Kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu kegiatan utama dalam dunia pendidikan. Agar ilmu yang dipelajari dalam kegiatan belajar mengajar dapat tersampaikan dengan baik, diperlukan adanya supervisi pendidikan. Apa itu supervisi pendidikan?
Supervisi pendidikan adalah pembinaan yang dilakukan untuk memantau dan melakukan perbaikan pendidikan sehingga mutu proses belajar mengajar dalam lembaga pendidikan dapat terus meningkat.
Mengutip buku Supervisi Pendidikan yang disusun oleh Bismar Sibuea, ‎Heru Christianto, ‎Dewi Lestarani (2023: 123), supervisi adalah sebagai bantuan dan bimbingan profesional bagi guru dalam melaksanakan tugas instruksional guna memperbaiki hal belajar dan mengajar dengan melakukan stimulasi, koordinasi, dan bimbingan secara kontinyu untuk meningkatkan pertumbuhan jabatan guru secara individual maupun kelompok.
Ilustrasi Supervisi Pendidikan. Foto: dok. javier trueba (Unsplash)
Dari situ, dapat diketahui bahwa supervisi pendidikan adalah rincian kegiatan yang akan dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu proses dan hasil belajar.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ini menggambarkan hal-hal apa yang akan dilakukan, kapan dilakukan, fasilitas apa yang diperlukan, dan cara untuk mengetahui berhasil tidaknya usaha yang dilakukan.
Program supervisi pendidikan berfungsi sebagai pedoman dan alat untuk mengukur keberhasilan pembinaan profesional guru. Selain itu, terdapat fungsi supervisi pendidikan lainnya.
Ilustrasi Supervisi Pendidikan. Foto: dok. javier trueba (Unsplash)
Berdasarkan buku Teori dan Aplikasi Supervisi Pendidikan yang ditulis oleh Rosi Tiurnida Maryance, ‎Citra Dewi, ‎Muhammad Yani (2022: 46), fungsi utama supervisi pendidikan ditujukan pada perbaikan dengan meningkatkan situasi belajar mengajar.
Sehubungan hal tersebut, maka Piet A. Sahertian memberikan 8 fungsi supervisi pendidikan antara lain:
ADVERTISEMENT
Penjelasan tentang supervisi pendidikan beserta fungsinya dapat Anda jadikan sebagai pengetahuan tambahan yang bermanfaat bagi Anda khususnya mengenai dunia pendidikan di Indonesia. (DAP)