Pengertian Sholat Hajat dan Bacaan Niatnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
20 Agustus 2021 18:08 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi menjalankan sholat hajat. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menjalankan sholat hajat. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sholat hajat adalah sholat sunnah yang dapat dikerjakan umat muslim ketika memiliki hajat atau keinginan tertentu. Biasanya sholat satu ini dilakukan umat muslim dengan tujuan memohon kepada Allah SWT agar keinginannya tersebut dapat segera diijabah atau dikabulkan oleh-Nya.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Tata Cara Sholat Lengkap,Ustadz Hanafi (2005: 88), banyaknya jumlah rakaat yang bisa dikerjakan umat muslim saat sholat hajat adalah paling sedikit 2 rakaat atau hingga 12 rakaat setiap dua rakaat salam. Adapun waktu pelaksanaan sholat sunnah satu ini bisa dikerjakan kapanpun baik saat pagi, siang, ataupun malam hari, namun amalannya akan lebih utama jika dikerjakan pada malan hari sama seperti waktu pelaksanaan sholat tahajud, yakni pada sepertiga malam.

Niat Sholat Hajat yang Dapat Diamalkan Umat Muslim

Apabila memiliki hajat atau keinginan yang ingin segera dikabulkan oleh Allah SWT, maka umat muslim dapat mengerjakan sholat hajat sebagai bagian dari ibadah sunnah tersebut pada sepertiga malam nanti.
Adapun bacaan niat sholat hajat yang dapat diamalkan untuk mengerjakan sholat tersebut ialah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Setelah mengetahui bacaan niat sholat hajat tadi, maka umat muslim bisa langsung melaksanakan dua rakaat sholat tersebut seperti biasa. Kemudian setelah selesai umat muslim bisa melanjutkan berdzikir dan bermunajat kepada Allah SWT terkait keinginan dan hajatnya masing-masing.
Agar ibadah sholat hajat tersebut bisa semakin afdhol, maka umat muslim juga bisa mengamalkan bacaan doa setelah sholat hajat berikut ini sebagaimana sunnah Rasulullah SAW:
ADVERTISEMENT
Dengan senantiasa menjalankan sholat hajat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, semoga kelak segala hajat dan keinginan umat muslim bisa segera terkabul ya! Aamiin ya rabbal ‘aalamiin. (HAI)