Pengertian Konduktor dan 5 Contohnya dalam Ilmu Sains

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
11 November 2022 21:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dalam ilmu sains, apakah konduktor itu beri 5 contoh konduktor. Sumber: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Dalam ilmu sains, apakah konduktor itu beri 5 contoh konduktor. Sumber: unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Konduktor adalah istilah yang sudah tidak asing lagi jika Anda mempelajari ilmu sains ataupun kelistrikan. Hal ini karena konduktor menjadi salah satu materi yang diajarkan dalam ilmu sains. Bahkan keberadaan konduktor bisa kita temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, lho. Lantas, bagaimana jika Anda diminta untuk menjelaskan tentang apakah konduktor itu beri 5 contoh konduktor? Untuk Anda yang ingin tahu jawaban selengkapnya, simak artikel ini.
ADVERTISEMENT

Pengertian Konduktor dan 5 Contohnya

Apakah konduktor itu beri 5 contoh konduktor. Sumber: unsplash.com
Jadi, apa itu konduktor? Mengutip dari buku BUPELAS Pemetaan Materi & Bank Soal IPA SMP Kelas 7 karya Tim Maestro Genta (2020:106), konduktor merupakan suatu bahan yang bisa mengalirkan panas dan juga listrik. Hadirnya konduktor ini disebabkan oleh adanya konduksi.
Adapun pengertian konduksi sendiri adalah suatu perpindahan pada sebuah benda tanpa diikuti dengan perpindahan partikel perantaranya. Perpindahan ini umumnya lebih sering dijumpai pada zat padat seperti logam.
Namun, setiap zat padat mempunyai hantaran yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat terjadinya kekuatan yang juga berbeda pada benda tersebut. Adapun 5 contoh konduktor antara lain adalah besi, logam, tembaga, aluminium, dan kawat.
Selain itu, konduktor juga mempunyai lawan, yakni isolator. Isolator adalah suatu benda yang tidak bisa mengalirkan arus listrik atau menghantarkan panas. Sebab, isolator mempunyai keadaan elektron yang cenderung tidak stabil dalam benda tersebut.
ADVERTISEMENT
Kondisi isolator itulah yang kemudian membuat elektron sulit untuk melepaskan atom tersebut karena terdapat ikatan dalam benda itu. Adapun contoh benda yang termasuk isolator antara lain kaca, plastik, dan kayu.
Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak sekali manfaat dari konduktor yang menarik untuk Anda ketahui. Berikut adalah beberapa di antaranya.
Nah, itu dia jawaban singkat untuk pertanyaan apa pengertian dari konduktor dan beri 5 contoh konduktor. Jadi, apakah Anda sudah memahami penjelasan di atas? (Anne)