Pengertian dan Makna Kalimat Taqaballahu Minna Wa Minkum

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
4 Mei 2021 16:53 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengucapkan selamat lebaran. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengucapkan selamat lebaran. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat berlangsungnya Hari Raya Idul Fitri, umat muslim umumnya akan sering mengucapkan kalimat “taqaballahu minna wa minkum” kepada muslim lain. Namun sudahkah kamu tahu apa maksud ataupun makna dari kalimat tersebut?
ADVERTISEMENT

Pengertian dan Makna Taqaballahu Minna Wa Minkum

Bagi yang belum tahu, taqabbalallahu minna wa minkum merupakan kalimat yang sangat identik dengan lebaran idul Fitri. Pasalnya kalimat itu sendiri adalah kalimat ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri yang kerap disampaikan oleh para sahabat Rasulullah SAW. Pernyataan ini sendiri telah didasarkan kepada sebuah hadist dengan bunyi berikut: “Dahulu para sahabat Nabi shalallahu’alaihi wasallam mengucapkan ‘Taqabbalallahu minna wa minkum’ ketika saling bertemu di hari Idul Fitri.” (HR. Ibnu Hajar).
Dikutip lewat Situs-Situs dalam Al Qur’an, Syahruddin El-Fikri (2013: 51), mengucapkan kalimat “taqaballahu minna wa minkum” sendiri termasuk daripada sunnah yang dapat diamalkan oleh umat muslim. Adapun makna yang terkandung dalam ucapan lebaran tersebut ialah berisi doa agar kelak Allah dapat menerima segala amal dan ibadah umat muslim selama Ramadhan tersebut. Sebab arti “taqaballahu minna wa minkum” ialah “Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kalian semua.”
ADVERTISEMENT

Jawaban Ketika Mendapat Ucapan Taqaballahu Minna Wa Minkum

Ketika kita mendapatkan ucapan taqaballahu minna wa minkum dari muslim lain, maka ada baiknya jika kita juga membalas ucapan tersebut dengan kalimat yang sama. Dengan begitu maka umat muslim-pun akan saling mendoakan agar kelak amalan ibadahnya dapat diterima Allah SWT. Hal ini sendiri serupa dengan apa yang difirmankan Allah pada surat An Nisa ayat 86 berikut: “Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal.” (QS. An Nisa: 86).
Demikian ulasan singkat tentang pengertian dan makna kalimat taqaballahu minna wa minkum sebagai ucapan doa selamat hari Raya. Semoga ulasan tadi bermanfaat. (HAI)
ADVERTISEMENT