Pengertian dan Lawan Kata Sangsai Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
27 Maret 2023 19:20 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengertian dan Lawan Kata Sangsai (Foto: Felicia Montenegro | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian dan Lawan Kata Sangsai (Foto: Felicia Montenegro | Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bahasa Indonesia adalah bahasa yang digunakan dalam keseharian. Meskipun demikian, tidak semua istilah dalam bahasa Indonesia dipahami oleh semua orang. Misalnya saja, apakah kalian mengetahui apa lawan kata sangsai?
ADVERTISEMENT
Selain lawan katanya, kalian juga bisa mempelajari pengertian kata sangsai dalam artikel berikut ini.

Pengertian dan Lawan Kata Sangsai

Ilustrasi Lawan Kata Sangsai (Foto: Waldemar | Unsplash.com)
Apa pengertian kata sangsai? Sangsai memiliki arti sengsara, melarat, dan susah. Sedangkan, lawan kata sangsai adalah bahagia. Setelah memahami pengertian dan lawan kata sangsai, sekarang mari membahas apa yang dimaksud dengan lawan kata.
Lawan kata atau antonim adalah kata yang memiliki makna berlawanan. Antonim dibagi menjadi beberapa jenis. Dikutip dari buku dengan judul Top Fokus TPA OTO BAPPENAS oleh Amien (2020), berikut ini jenis-jenis antonim:

Antonim Mutlak

Antonim ini adalah jenis antonim berupa kata-kata yang secara mutlak berlawanan maknanya. Contoh: diam >< bergerak, perempuan >< laki-laki.
ADVERTISEMENT

Antonim Relatif atau Bergradasi

Merupakan kata-kata secara definisi tidak mempunyai standar yang jelas, tetapi pendefinisiannya berdasarkan opini. Contoh: miskin >< kaya, ringan >< berat.

Antonim Relasional

Merupakan jenis antonim dengan kata-kata yang saling berhubungan dan mempunyai kedudukan yang setara tetapi mempunyai perbedaan. Contoh: suami >< istri, permintaan >< penawaran.

Antonim Hierarkial

Merupakan kata-kata yang saling berhubungan namun tidak mempunyai kesetaraan kedudukan. Contoh: tua >< muda, direktur >< karyawan.

Hubungan Makna Kata

Dihimpun dari Get Success UN Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs oleh Handiyani dan Wildan (2008), selain antonim masih ada beberapa hubungan makna kata sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Demikian ulasan mengenai pengertian dan lawan kata sangsai serta penjelasan mengenai hubungan makna kata. Selamat belajar! (KRIS)