Pahala Kurban Pada Hari Raya Idul Adha yang Begitu Besar

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
8 Juli 2022 17:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kurban pada hari raya Idul Adha. Foto: unsplash.com/qammafarm
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kurban pada hari raya Idul Adha. Foto: unsplash.com/qammafarm
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap tahunnya, umat Islam di seluruh dunia akan memperingati hari raya Idul Adha. Bagi umat Islam yang memiliki harta lebih, dianjurkan untuk menyebelih hewan kurban. Meskipun bukan menjadi sebuah kewajiban, namun menyembelih hewan kurban memiliki pahala yang bergitu besar dan amat disayangkan apabila sampai melewatkannya. Berikut penjelasan tentang pahala kurban pada hari raya Idul Adha.
ADVERTISEMENT

Pahala Kurban Pada Hari Raya Idul Adha yang Begitu Besar

Idul Adha merupakan pelestarian tradisi dari kisah penyembelihan oleh Nabi Ibrahim as yang diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih putranya Nabi Ismail as yang berubah menjadi sebuah kambing besar.
Kurban merupakan ibadah yang sangat mulia. Sebab pada hari tersebut menjadi momentum untuk berbagi kebahagiaan kepada orang-orang fakir dan miskin. Selain itu, berkurban menjadi hal untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebab, menyembelih hewan kurban pada hari raya Idul Adha merupakan amalan yang sangat dicintai Allah SWT.
Sebagaimana dalam sebuah hadits dari Aisyah ra, Nabi Muhamamd SAW
Ilustrasi pahala kurban di Idul Adha. Foto: unsplash.com/taliwang_mengaji
Lantas apa saja pahala yang didapatkan seseorang yang berkurban pada hari raya Idul Adha?
Dikutip dari laman nu.or.id, pahala yang didapatkan seseorang yang berurban pada hari raya Idul Adha sangatlah besar. Nabi Muhammad SAW bersabda, “barangsiapa keluar dari rumahnya hendak berkurban, setiap langkahnya diberi pahala 10 kebaikan, dilebur 10 perilaku buruknya, dan diangkat derajatnya 10 kali lipat.”
ADVERTISEMENT
Saat daging kurban dibagikan lalu dimasak dan dimakan, setiap suapnya orang yang berkurban diberi pahala seperti memerdekakan satu budak dari keturunan Nabi Ismail as.
Memerdekakan satu budak itu layaknya beli satu sapi. Setiap suap yang dicampuri daging kurban, yang berkurban diberi pahala seperti sedekah satu sapi, satu suapan itu. Kira-kira kalau kambing satu (jadi) berapa suapan itu.
Semoga dengan mengetahui besaran pahala kurban di hari raya Idul Adha semakin menambah semangat Anda dalam meraih kebaikan dari Allah SWT.(MZM)