Nama Benua yang Wilayahnya Hanya Memiliki Satu Negara

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
17 Desember 2022 21:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Benua yang Wilayahnya Hanya Memiliki Satu Negara. (Foto: WikiImage by https://pixabay.com/id/)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Benua yang Wilayahnya Hanya Memiliki Satu Negara. (Foto: WikiImage by https://pixabay.com/id/)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Negara merupakan sebuah wilayah bangsa yang memiliki pemerintahan dan hukumnya sendiri. Adapun negara memiliki batas-batas sendiri yang sudah ditetapkan dan biasanya memiliki satu atau lebih cabang pemerintahannya. Berbeda dengan negara, sebuah wilayah dapat dikatakan benua apabila wilayah geografis terdiri dari beberapa negara dan pulau-pulau yang terpisah (kontinen). Benua terikat secara geografis dan bisa memiliki lebih dari satu negara. Nah, benua yang wilayahnya hanya memiliki satu negara adalah Australia. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
ADVERTISEMENT

Kenapa Hanya Ada Satu Negara di Benua Australia?

Ilustrasi Benua yang Wilayahnya Hanya Memiliki Satu Negara. (Foto: Walkerskk by https://pixabay.com/id/)
Dikutip dari buku Benua dan Samudra yang ditulis oleh Mulyadi (2020: 42), benua Australia merupakan benua terkecil di dunia dan ternyata hanya dihuni oleh satu negara. Benua ini menjadi satu-satunya benua yang seluruh wilayahnya berada di belahan bumi selatan. Wilayah benua Australia mencakup seluruh pulau Australia, Pulau Tasmania, dan kepulauan sekitarnya.
Australia merupakan negara yang luas dan memiliki lanskap yang beragam. Wilayahnya meliputi desa-desa pinggiran pantai, hutan hujan tropis, padang pasir, dataran tinggi, dan masih banyak lagi. Sebagian besar wilayah Australia juga luas dan kering, dengan kurang dari 10% wilayahnya yang terkena air.
ADVERTISEMENT
Negara Australia memiliki populasi sekitar 24 juta orang, dengan sebagian besar penduduknya berasal dari migrasi. Kota-kota utama Australia seperti Sydney, Melbourne, Brisbane, dan Perth adalah salah satu kota-kota dengan populasi terbesar di dunia. Australia sering disebut sebagai negara benua karena hanya satu negara di dunia yang meliputi seluruh wilayah benua. Adapun Australia juga memiliki 3 wilayah iklim.
Australia juga merupakan salah satu negara dengan pemerintahan yang stabil. Negara ini memiliki pemerintah yang demokratis dengan sistem parlementer. Hal ini membuat Australia menjadi salah satu negara dengan tingkat kesejahteraan tertinggi di dunia. Demikian penjelasan mengenai benua dan negara Australia. Perlu diingat, benua yang wilayahnya hanya memiliki satu negara adalah Australia. Semoga bermanfaat! (CHL)
ADVERTISEMENT