Mengetahui Apa Tujuan Belajar Keseimbangan dan Manfaatnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
13 Januari 2023 17:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tujuan Belajar Keseimbangan. Foto: dok. Gustavo Torres (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tujuan Belajar Keseimbangan. Foto: dok. Gustavo Torres (Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memiliki keseimbangan tubuh yang baik rupanya dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Untuk memiliki keseimbangan tubuh yang baik, kita dapat melakukan latihan tertentu secara rutin. Apa tujuan belajar keseimbangan? Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai tujuan belajar keseimbangan lengkap dengan manfaatnya bagi tubuh.
ADVERTISEMENT

Tujuan Belajar Keseimbangan dan Manfaatnya bagi Tubuh

Keseimbangan tubuh merupakan kondisi dimana tubuh memiliki kestabilan dalam posisi tertentu. Pembahasan lebih lengkap mengenai pengertian keseimbangan tubuh dipaparkan secara rinci dalam buku Terapi Latihan Dasar yang disusun oleh Arif Pristianto, ‎Wijianto, ‎Farid Rahman (2018: 93).
Dikutip dari dalam buku tersebut bahwa keseimbangan atau stabilitas postural adalah terminologi umum yang digunakan untuk dipertahankan dalam posisi equilibrium. Equilibrium berarti bahwa tubuh dalam keadaan istirahat (equilibrium statik) atau dalam posisi steady state motion (equilibrium dinamis).
Ilustrasi Tujuan Belajar Keseimbangan. Foto: dok. Robert Linder (Unsplash.com)
Keseimbangan juga merupakan kontrol motor yang kompleks melibatkan deteksi dan integrasi informasi sensori untuk memeriksa posisi dan gerakan tubuh dalam ruang dan eksekusi respons muskuloskeletal yang tepat untuk mengontrol posisi tubuh.
ADVERTISEMENT
Untuk dapat memiliki keseimbangan tubuh yang stabil, kita perlu belajar dan melakukan latihan keseimbangan secara rutin dan teratur. Apa tujuan belajar keseimbangan? Belajar dan melakukan latihan keseimbangan bertujuan untuk mendapatkan kemampuan keseimbangan pada tubuh semaksimal mungkin.
Tak hanya itu, latihan keseimbangan juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh yaitu membantu menjaga keseimbangan sehingga tidak mudah terjatuh saat bergerak. Dengan begitu, kita dapat meminimalisir terjadinya cedera saat melakukan aktivitas.
Ilustrasi Tujuan Belajar Keseimbangan. Foto: dok. Moer Shani(Unsplash.com)
Melakukan latihan keseimbangan secara rutin juga dapat membantu tubuh untuk meningkatkan respon dan menjaga kesehatan dengan meningkatkan kekuatan persendian. Anda juga dapat memperoleh manfaat lain dari latihan keseimbangan secara rutin, yaitu memiliki bentuk tubuh yang ideal.
Belajar dan latihan keseimbangan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:
ADVERTISEMENT
Itu dia penjelasan mengenai tujuan belajar keseimbangan dan contoh latihan yang dapat dilakukan untuk mencapai keseimbangan tubuh. Lakukan latihan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya! (DAP)