Memahami Sejarah Cerita Relief di Monumen Nasional

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
31 Oktober 2022 17:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sejarah Cerita Relief di Monumen Nasional. (Foto: shambuimaji by https://pixabay.com/id/)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sejarah Cerita Relief di Monumen Nasional. (Foto: shambuimaji by https://pixabay.com/id/)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagai masyarakat Indonesia, kita harus berbangga atas berbagai bangunan bersejarah yang monumental. Salah satu monumen sejarah yang populer di Jakarta adalah Monas. Ya, Monas atau Monumen Nasional merupakan sebuah monumen yang didirikan untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia. Adapun relief di Monas dibuat kronologis searah jarum jam menuju sudut tenggara, barat daya, dan barat laut. Pada halaman luar mengelilingi Monas, tampak relief timbul yang menggambarkan sejarah Indonesia. Relief di Monumen Nasional menceritakan tentang kejayaan Nusantara di masa lampau. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai Monas sebagai salah satu bangunan bersejarah di Indonesia.
ADVERTISEMENT

Apa Latar Belakang Cerita Monas?

Ilustrasi Sejarah Cerita Relief di Monumen Nasional. (Foto: RafiHWijaya by https://pixabay.com/id/)
Monumen Nasional atau yang lebih populer disebut dengan Tugu Monas terletak di tengah-tengah Lapangan Merdeka, jantungnya kota Jakarta. Monas merupakan salah satu monumen yang dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Peletakan tiang pertama tanda peresmian pembangunannya dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1961.
Dikutip dari buku Rekor-rekor Muri yang ditulis oleh Aylawati Sarwono (2009: 195), Monas menjadi monument tertinggi yang dibangun di Indonesia. Monas memiliki bentuk seperti obor yang menjulang tinggi mencapai 127 meter dan bagian apinya berlapiskan emas. Menariknya Monas juga memiliki Relief unik khas bangunan tersebut. Relief di Monumen Nasional menceritakan tentang kejayaan Nusantara di masa lampau.
Relief di Monas dibuat kronologis searah jarum jam menuju sudut tenggara, barat daya, dan barat laut. Pada halaman luas mengelilingi Monas, tampak relief timbul yang menggambarkan sejarah Indonesia. Adapun Patung Gajah Mada dan relief sejarah Majapahit yang ditempatkan di Tugu Monas, Jakarta juga menjadi sumber kebanggaan nasional Indonesia akan kebesaran kerajaan tersebut di masa lampau.
ADVERTISEMENT
Pada tiap sudut halaman luas yang mengelilingi monument terdapat relief yang menggambarkan sejarah Indonesia. Relief ini bermula di sudut timur laut dengan mengabadikan kejayaan Nusantara pada masa lampau, serta menampilkan sejarah Singasari dan Majapahit. Demikian penjelasan mengenai relief di Monumen Nasional menceritakan tentang kejayaan Nusantara di masa lampau. Semoga bermanfaat! (CHL)