Manfaat Surat Al Kahfi Bila Dibaca Setiap Hari

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
19 November 2020 14:36 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Membaca surat setiap hari Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Membaca surat setiap hari Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Manfaat surat Al Kahfi bila dibaca setiap hari ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Surat Al-Kahfi adalah salah satu surat yang terdapat di dalam Alquran dengan keutamaan dan manfaat yang besar jika diamalkan oleh umat muslim. Bahkan, Rasulullah SAW menganjurkan agar membaca surat ini pada setiap hari Jumat atau malam Jumat.
ADVERTISEMENT
Namun, tidak hanya baik dibaca pada hari Jumat saja, surat Al Kahfi juga baik dibaca setiap hari. Kamu bisa mencoba untuk membacanya setiap hari. Nah, berikut ini beberapa keutamaan yang bisa kamu dapatkan jika membaca surat Al Kahfi.

Dibaca Setiap Hari, Ini Manfaat Surat Al Kahfi!

Terlindung dari Gangguan Setan
Salah satu upaya untuk menghindari godaan setan adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya. Berdasarkan hadist oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, menyatakan bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al Khafi dan surat Al Baqarah, maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut.
Dipancarkan Cahaya
Dipancarkan cahaya sejauh dirinya dan Ka’bah. Diriwayatkan dari Sahabat Abu Sa’id al-Khudri bahwa Nabi Saw bersabda: “Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘Atiq (Ka’bah).” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273)
ADVERTISEMENT
Diampuni Dosanya
Setiap manusia pasti memiliki dosa dan khilaf, baik yang disadari maupun tak disadari. Namun, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang mau bertobat dan kembali ke jalan Allah SWT.
Untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW dengan mengamalkan surat Al-Kahfi pada hari Jumat. Diriwayatkan dalam sebuah hadis, Rasullulah SAW bersabda:
"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat."
Menghindarkan diri dari fitnah Dajjal
Umat Islam yang membaca Surat Al Kahfi pada Hari Jumat akan menghindarkan dari fitnah Dajjal. Nabi Muhammad SAW bahkan bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca Surat Al Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal.
ADVERTISEMENT
Meskipun surat Al Kahfi memiliki ayat yang panjang, kamu bisa mencoba untuk rutin membacanya minimal seminggu sekali di kala hari Kamis atau Jum'at. Manfaat surat Al Kahfi memang luar biasa bagi muslim yang mengamalkannya.
(RN)