Manfaat Sholat Tahajud bagi Umat-Nya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
28 Februari 2021 12:46 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Manfaat Sholat Tahajud, Foto: darunnajah
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat Sholat Tahajud, Foto: darunnajah
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dianjurkan para ulama untuk dilakukan setiap orang yang terbangun dari tidurnya di malam hari demi memperkuat iman dan mendapatkan pahala dari Allah Swt.
ADVERTISEMENT
Lebih dari itu, berbagai manfaat sholat tahajud juga dapat dirasakan bagi kesehatan jasmani maupun pikiran.

Manfaat Sholat Tahajud

Dilansir dari bmtnu-ngasem.com, berikut adalah 8 manfaat dari sholat tahajud untuk berbagai aspek kehidupan:
1. Menghapus dosa dan mencegah perbuatan dosa
Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda bahwa sholat malam merupakan ibadah yang sering dilakukan orang-orang saleh. Ibadah ini bisa mendekatkan manusia kepada Sang Pencipta, menghapus dosa, dan mencegah perbuatan dosa.
2. Tanda takwanya terlihat di wajah
Wajah dari para pelaksana sholat tahajud akan terlihat bersinar. Sinar ini merupakan tanda ketakwaan seseorang kepada Allah Swt. yang dapat dilihat orang-orang di sekitar mereka. Hal itu dapat menyemangati umat Islam lain untuk setia mengerjakan sholat tahajud.
ADVERTISEMENT
3. Melancarkan aliran darah
Selain mengadu kepada Allah Swt., ibadah yang biasa dilakukan jam 3 dini hari usai bangun tidur ini juga memberikan udara segar bagi setiap organ tubuh, karena udara pada dini hari masih sangat segar. Gerakan sholat yang dilakukan pun mengikutsertakan otot untuk beraktivitas, dengan demikian menyegarkan tubuh dan melancarkan aliran darah.
4. Melebarkan rongga paru-paru
Gerakan takbiratul ihram yang dilanjutkan dengan bersedekap membuka rongga paru-paru lebih lebar. Hal itu mampu melancarkan aliran udara menuju paru-paru.
5. Jembatan menuju surga
Inilah hadis Rasulullah Saw. yang disampaikan kepada Abdullah Ibnu Muslim terkait keistimewaan sholat tahajud:
“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).
ADVERTISEMENT
6. Menyegarkan pikiran
Ketika manusia tidur, tubuh memulihkan sel yang sempat terganggu dan meningkatkan kekuatan otak agar dapat kembali bekerja dengan baik. Karena itulah, sholat tahajud dikerjakan usai bangun tidur. Pikiran yang segar membantu manusia fokus memaknai ayat-ayat Alquran yang kemudian dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.
7. Mendapatkan keringanan di akhirat
Umat Muslim bisa memperoleh keringanan saat dihisab di akhirat lewat sholat tahajud yang dikerjakan dengan ketaatan dan ketakwaan akan Allah Swt. karena Allah Swt. akan mengutamakan mereka yang berdoa dan memohon ampun di sepertiga malam.
8. Memperoleh cinta Allah
Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda bahwa orang yang setia mengerjakan sholat tahajud akan memperoleh cinta dari Allah Swt. Hal itu karena mereka memilih untuk bangun di sepertiga malam dan meninggalkan kenyamanan tidur demi berdoa, meminta belas kasih, dan memohon ampun kepada Allah Swt.
ADVERTISEMENT
Demikianlah 8 manfaat sholat tahajud bagi umat Muslim. Semoga kita senantiasa dilimpahkan taufik untuk dapat setia mengerjakannya.
(Brenda, Manfaat Sholat Tahajud)