Manfaat dari Doa Allahumma Antassalam bagi Umat Muslim

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
14 November 2021 13:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Membaca Doa Setelah Sholat. Sumber: Hebert Santos-Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Membaca Doa Setelah Sholat. Sumber: Hebert Santos-Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Allahumma Antassalam merupakan salah satu bacaan doa yang dapat dibaca oleh umat muslim setiap selesai sholat. Baik itu setelah selesai sholat wajib maupun setelah selesai sholat sunnah. Adapun bacaan lengkap dari allahumma antassalam.
ADVERTISEMENT

Doa Allahumma Antassalam

Manfaat Istighfar dan Doa Allahumma Antassalam

Pada sebuah ceramah, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa beristighfar kepada Allah SWT akan mendapatkan salam. Salam tersebut adalah berkah, kemuliaan, dan ketenangan. Sebagaimana bacaan di atas, kalimat istighfar merupakan permohonan ampun kepada Allah SWT. Melalui istighfar yang tiga kali tersebut diharapkan manusia mengingat dosa-dosanya dan memohon ampunan Allah.
Istighfar mendatangkan berkah, kemuliaan, dan ketenangan. Kebaikan-kebaikan tersebut datang dari Allah SWT sebab Allah yang Maha Memiliki Kemuliaan itu. Oleh sebab itu, setelah bacaan istighfar yang tiga kali tersebut bacaan doa dilengkapi dengan Allahumma antassalaam, wa mingkassalaam, tabarakta ya dzal jalaali wal ikraam.
ADVERTISEMENT
InsyaAllah melalui bacaan tersebut seorang hamba akan memperoleh kemudahan hidup di dunia dan akhirat. Demikian dapat dipahami bahwa istighfar dan bacaan allahumma antassalam memberikan manfaat berupa keberkahan, kemuliaan, ketenangan, serta kemudahan hidup bagi umat muslim. InsyaAllah.
Ilustrasi Membaca Doa. Sumber: RODNAE Productions-Pexels.com

Dalil Tentang Berdoa dan Berdzikir

Imam Abu Wafa dalam bukunya yang berjudul Doa dan Zikir Harian Nabi (2021) menjelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan kita untuk selalu berdoa dan berdzikir kepada-Nya. Perintah tersebut tertera dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 152 yang berbunyi,
Semoga Allah SWT memantapkan hati kita untuk senantiasa mengingat-Nya dan berdoa kepada-Nya. Aamiin Ya Rabbal Alamin. Wallahu a’lam bish shawab. (AA)
ADVERTISEMENT