Lafadz Doa agar Anak Sholeh, Pintar, dan Penurut kepada Orang Tua

Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
25 November 2021 14:50 WIB
·
waktu baca 3 menit
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi doa agar anak sholeh pintar dan penurut, sumber gambar: https://www.freepik.com/
Ilustrasi doa agar anak sholeh pintar dan penurut, sumber gambar: https://www.freepik.com/
ADVERTISEMENT

Anak merupakan karunia dari Allah SWT yang dititipkan kepada orang-orang pilihan-Nya. Doa agar anak sholeh pintar dan penurut dapat diamalkan oleh para orang tua supaya anak-anaknya dapat tumbuh dengan akhlak yang mulia.

ADVERTISEMENT

Di zaman sekarang, banyak orang tua yang mengajarkan anak-anaknya untuk menjadi anak pandai agar dapat hidup sukses ketika dewasa. Namun, semakin jarang orang tua yang mengajarkan anaknya tentang agama dan akhlak.

Padahal, akhlak merupakan pondasi utama yang harus dibangun dengan kokoh agar anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi orang yang baik. Oleh karena itu, selain mengajarkan ilmu pengetahuan, para orang tua juga perlu mengajarkan tentang etika, tata krama, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan akhlak.

Mengutip buku Doa-doa Mustajab Orang Tua untuk Anaknya oleh Aulia Fadli (2014), ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Baihaqi. Bunyinya yaitu sebagai berikut:

Tiga doa yang tidak tertolak yaitu doa orang tua, doa orang yang berpuasa, dan doa seorang musafir.” (HR. Baihaqi).

ADVERTISEMENT

Dari sini, dapat diketahui bahwa orang tua yang mendoakan anaknya maka akan dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, jangan sampai orang tua mendoakan kejelekan kepada anaknya karena besar kemungkinannya akan terkabulkan.

Doa Agar Anak Menjadi Soleh dan Soleha

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi doa agar anak sholeh pintar dan penurut, sumber gambar: https://www.unsplash.com/

Memiliki anak yang sholeh dan sholeha tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Adapun doa yang dapat dibaca agar anak menjadi sholeh dan sholeha yaitu sebagai beriktu:

Allahummaj 'al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur'ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur'an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat"

ADVERTISEMENT

Doa Agar Anak Diberi Perlindungan

Agar anak diberikan perlindungan dari berbagai bahaya, sebaiknya baca doa yang ada di bawah ini:

U'īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli 'aynin lāmmah.

Artinya: "Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat." (HR Abu Daud)

Doa Agar Anak Pintar

agar anak memiliki pikiran yang cerdas, terbuka, dan dapat menerima pelajaran dengan baik, sebaiknya baca doa di bawah ini:

Allaahummam-la' quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni'matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.

ADVERTISEMENT

Doa agar Anak Penurut

Memiliki anak yang penurut saat diberi nasihat dan tidak mudah membangkang adalah harapan setiap orang tua. Adapun doa agar anak penurut yaitu sebagai berikut:

Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a'yunin waj'alna lilmuttaqina imama.

Artinya: Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan-keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Doa agar anak sholeh, pintar, dan penurut dapat diamalkan oleh orang tua setelah melakukan sholat fardhu. Dengan mengamalkan bacaan doa di atas, diharapkan anak dapat tumbuh menjadi anak yang pintar dan berakhlak mulia.

(DLA)

1637821489940225000
Bagikan: