Khasiat Ayat Kursi dapat Menghindarkan Umat Muslim dari Bahaya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
31 Januari 2021 10:50 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kaligrafi bacaan ayat kursi. Sumber: Etsy
zoom-in-whitePerbesar
Kaligrafi bacaan ayat kursi. Sumber: Etsy
ADVERTISEMENT
Ayat Kursi merupakan ayat dalam Alquran yang biasa digunakan sebagai bacaan doa bagi umat muslim. Sebagai bagian dari doa yang sering diamalkan, khasiat Ayat Kursi tentu sangat beragam. Salah satunya ialah dapat menghindarkan umat muslim dari ancaman bahaya.
ADVERTISEMENT
Ayat Kursi sendiri merupakan firman Allah yang paling mulia dalam alquran, tepatnya berada dalam bacaan surat Al Baqarah ayat 255. Kemuliaan ayat kursi ini juga telah diamini oleh hadist Nabi Muhammad: “Dari Abu Dzar RA, bahwasanya ia pernah bertanya kepada Rasulullah: ‘Wahai Rasulullah, (ayat) apakah yang paling agung yang diturunkan kepada anda?’ beliau menjawab ‘ayatul kursi’.” (HR. An Nasai).
Nama Ayat Kursi sendiri diambil berdasarkan kandungan ayat tersebut, yang memiliki arti singgasana atau kekuasaan Allah. Berdasarkan artian tadi, maka bisa kita simpulkan bahwa Ayat Kursi berisi makna tentang penggambaran Allah sebagai Tuhan yang Maha Berkuasa atas seluruh alam semesta baik yang berada di bumi ataupun yang berada di langit. Oleh sebab itu, bacaan satu ini sering digunakan sebagai doa untuk memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT karena pada dasarnya segala sesuatu adalah ciptaanNya.
ADVERTISEMENT

Khasiat Ayat Kursi Untuk Melindungi Diri dari Marabahaya

Menjadikan Ayat Kursi sebagai doa untuk memohon perlindungan dari Allah SWT juga sering diamalkan oleh nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW. Itu artinya, jika kita membaca Ayat Kursi, maka kita juga turut mengerjakan ibadah yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW.
Berdasarkan sumber hadist, Rasulullah SAW umumnya menjadikan bacaan Ayat Kursi sebagai doa sebelum tidur untuk melindungi diri sepanjang malam dari marabahaya yang bisa datang sewaktu-waktu. “Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setanpun tidak akan menganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR. Bukhari)
Selain dijadikan doa sebelum tidur, Rasulullah SAW juga kerap membaca Ayat Kursi setelah menunaikan sholat. Khasiat ayat kursi bila dibaca setelah sholat sendiri dapat menghindarkan dan melindungi para muslim dari berbagai bahaya baik yang datangnya dari sihir, kejahatan manusia ataupun ancaman binatang buas. Oleh sebab itu, yuk amalkan bacaan Ayat Kursi yang memiliki banyak khasiat dan manfaat ini! (HAI)
ADVERTISEMENT