Keutamaan dan Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
2 Mei 2022 17:52 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah, Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah, Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu kewajiban yang harus dilakukan umat Muslim adalah membayar zakat. Hal ini dikarenakan zakat adalah rukun Islam yang ketiga. Pada saat akhir bulan Ramadhan seperti ini, umat Muslim memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitrah. Apa sih keutamaan dan tujuan mengeluarkan zakat fitrah?
ADVERTISEMENT
Zakat fitrah ini dibayarkan maksimal sebelum shalat ‘Idul Fitri. Ketentuan zakat fitrah tersebut didasarkan pada hadist Rasulullah SAW:
فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعاً مِنْ تَمَرٍ، أوْصَاعاً مِنْ شَعِيْرٍ، عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى، وَالصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأمَرَ بِهَا أنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوْجِ الناَّسِ إلى الصَّلَاةِ
Artinya : “Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat Fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas oaring muslim baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wamita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat Fitrah sebelum berangkat (ke masjid) ‘Idul Fitri” (HR Bukhari dan Muslim).
Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah, Foto: Unsplash.
Secara bahasa arti zakat adalah bertambah. Adapun secara syara’ adalah harta tertentu yang diambil untuk diberikan kepada golongan tertentu, yaitu ashnaf tsamaniyah (delapan golongan yang berhak menerima zakat).
ADVERTISEMENT
Kedelapan golongan tersebut telah diterangkan dalam surat at-Taubah ayat 60:
"Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."
Simak keutamaan dan tujuan mengeluarkan zakat fitrah yang wajib ditunaikan umat Muslim di bulan Ramadhan.

Keutamaan dan Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah

Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah, Foto: Unsplash.
Dilansir dari laman nu.or.id, ada tiga manfaat dari zakat fitrah yaitu pertama, mengembalikan kesucian, kedua faktor sosial yaitu terjadinya silaturahmi yang akrab antara yang mampu dan yang tidak mampu. Lalu yang ketiga yaitu dapat menumbuhkan sektor ekonomi, khususnya ekonomi mikro atau sektor riil yang ada di masyarakat.
ADVERTISEMENT
Fungsi utama zakat fitrah menurut Ketua Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI), KH Anwar Sanusi, adalah untuk menyucikan diri. Perintah menunaikan zakat tercatat dalam rukun Islam yakni mengucapkan syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat, melaksanakan ibadah puasa dan melakukan ibadah haji.
Tujuan mengeluarkan zakat fitrah dibagi menjadi dua yaitu tujuan untuk diri sendiri dan tujuan untuk orang lain. Untuk diri sendiri tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah untuk membersihkan diri dari segala kekurangan dan hal sia-sia yang terjadi saat berpuasa selama bulan Ramadhan.
Sedangkan untuk orang lain, zakat memiliki tujuan untuk berbuat baik pada orang miskin, dan membantu mencukupi kebutuhan orang yang membutuhkan saat Idul Fitri.
Demikian keutamaan dan tujuan mengeluarkan zakat fitrah, semoga kita mendapatkan berkahnya. (Umi)
ADVERTISEMENT