Kenapa Wifi Tidak Ada Internet Padahal Tersambung ke Laptop

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
11 Juni 2022 18:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kenapa wifi tidak ada internet padahal tersambung ke laptop dan cara mengatasinya, sumber foto Avel Chuklanov on Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kenapa wifi tidak ada internet padahal tersambung ke laptop dan cara mengatasinya, sumber foto Avel Chuklanov on Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat di seluruh dunia. Hampir setiap hari kita bersinggungan dengan internet dan gadget. Mulai untuk bermain hingga bekerja. Salah satu hal yang menyebalkan saat menggunakan internet dengan jaringan wifi adalah tersambut akan tetapi tidak ada akses internet. Lalu kenapa wifi tidak ada internet padahal tersambung ke laptop? Dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah ulasannya lengkap.
ADVERTISEMENT

Cara Mengatasi Wifi Tersambung Tapi Tidak Ada Internet

Ilustrasi kenapa wifi tidak ada internet padahal tersambung ke laptop dan cara mengatasinya, sumber foto Burst on Unsplash
Jika kalian bertanya kenapa wifi tidak ada internet padahal tersambung ke laptop, jawabannya bisa beragam. Karena hal tersebut bisa disebabkan karena WiFi yang sedang dalam keadaan greyed out atau disabled, gagal routing ke gateway, hingga infeksi malware.
Untuk cara mengatasinya sebenarnya ada beberapa cara. Dikutip dari situs resmi Biznethome.com berikut adalah cara mengatasi wifi yang tersambut akan tetapi tidak ada internet.

Restart Router, Modem, atau Wireless Router

Hal pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah wifi yang tersambung ke laptop akan tetapi tidak ada internet adalah dengan melakukan restart router. Untuk caranya cukup mudah kalian tinggal mematikan router dan modem secara langsung dari saklar utamanya. Tunggu sekitar 30 detik untuk menyalakannya kembali. Setelah menyalakan kembali router, tunggu hingga lampu DSL stabil.
ADVERTISEMENT

Memperbarui Driver Adaptor WiFi

Cara yang kedua adalah dengan memperbarui driver adaptor wifi. Pasalnya masalah tersebut kadang juga disebabkan karena laptopnya sudah bermasalah. Masalah ini biasanya ditandai dengan laptop/PC yang error, namun Internet tetap berjalan dengan baik di perangkat lainnya.
Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses Internet khususnya pada PC adalah dengan klik kanan pada My Computer → Properties Option → Adapter Jaringan → klik kanan driver adaptor WiFi dan pilih Update Driver Software.

Ganti DNS dengan Google Public DNS

Cara yang ketiga adalah dengan mengganti DNS dengan Google Public DNS. Caranya, buka jaringan dan pusat berbagi, cari Panel Control dan pilih Jaringan dan Internet. Klik nama WiFi yang terhubung untuk membuka jendela informasinya. Pilih Properties untuk memilih TCP/IPV4 dan lanjutkan dengan klik Properties. Pilih “gunakan alamat DNS berikut” pada jendela properti IPV4 dan ketik alamat Google.
ADVERTISEMENT
Akhiri dengan pilih OK di jendela yang terbuka. Lakukan proses yang sama untuk IPV6. Hidupkan kembali modem kamu dan periksa jaringan Internetnya.
Demikian adalah pembahasan terkait dengan kenapa wifi tidak ada internet padahal tersambung ke laptop. (WWN)