Kalender Jawa September 2021 dan Rumus Menentukan Hari Baik

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
25 Februari 2021 10:35 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kalender Jawa September 2021, Foto: enkosa
zoom-in-whitePerbesar
Kalender Jawa September 2021, Foto: enkosa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kalender Jawa sudah dikenal sejak tahun 78 setelah Masehi di Pulau Jawa, Indonesia. Pada tanggal 22 Juni 1855, penggunaan kalender Jawa akhirnya disempurnakan dan diseragamkan oleh Susuhunan Solo. Perhitungan kalender Jawa masih digunakan oleh banyak penduduk di tanah Jawa, bahkan penduduk Indonesia lainnya. Kalender Jawa September 2021 pun turut hadir dengan perhitungan hari untuk berbagai kegiatan pada bulan kesembilan mendatang.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari buku Horoskop Jawa karya Suroso Aji Pamungkas (2009:9), kalender Jawa disusun berdasarkan peristiwa alam dan pengamatan terhadap pengalaman hidup masyarakat Jawa selama bertahun-tahun. Maka perhitungannya yang menggunakan astrologi Jawa dapat digunakan untuk berbagai tujuan di dalam hidup manusia. Tanggal lahir Jawa seseorang bisa digunakan untuk mengenali sifat dan watak orang itu.
Kalender ini menggabungkan perhitungan Romawi, Hindu, dan Islam. Sebagian besar nama bulan di kalender ini diambil dari kalender Hijriyah yang menggunakan bahasa Arab. Namun beberapa di antaranya juga diambil dari bahasa Sansekerta, seperti Pasa, Sura, dan Séla. Sedangkan nama bulan Besar dan Apit diambil dari bahasa Melayu dan Jawa.

Kalender Jawa September 2021

Bagi Anda yang ingin melangsungkan berbagai acara di bulan September 2021, seperti khitanan, lamaran, pernikahan, dan bepergian jauh, hindarilah hari-hari buruk menurut kalender Jawa di bawah ini:
ADVERTISEMENT
1. Tanggal Masehi 8 September (Rabu) = tanggal Jawa 30 Pahing
2. Tanggal Masehi 9 September (Kamis) = tanggal Jawa 1 Pon
3. Tanggal Masehi 12 September (Minggu) = tanggal Jawa 4 Legi
4. Tanggal Masehi 22 September (Rabu) = tanggal Jawa 14 Legi
5. Tanggal Masehi 25 September (Sabtu) = tanggal Jawa 17 Wage
6. Tanggal Masehi 26 September (Minggu) = tanggal Jawa 18 Kliwon
7. Tanggal Masehi 28 September (Selasa) = tanggal Jawa 20 Pahing
Hari-hari di atas merupakan hari-hari buruk berdasarkan perhitungan kalender Jawa September 2021. Hindarilah hari-hari tersebut untuk mengadakan berbagai acara pada bulan September 2021. Hari-hari yang tak disebutkan di atas merupakan hari-hari yang baik untuk kelangsungan berbagai acara di bulan September 2021. Semoga setiap acara Anda dapat berlangsung dengan lancar. (BR)
ADVERTISEMENT