Jenis-Jenis Sandi JOTA-JOTI yang Sering Digunakan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
17 Oktober 2022 17:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jenis-Jenis Sandi JOTA-JOTI yang Sering Digunakan (Foto: Budi Gustaman | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis-Jenis Sandi JOTA-JOTI yang Sering Digunakan (Foto: Budi Gustaman | Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
JOTA-JOTI adalah kegiatan yang diadakan setiap tahun. JOTA-JOTI adalah kegiatan Pramuka digital terbesar di dunia yang dikelola oleh WOSM yang berlangsung secara daring dan melalui udara. Kegiatan JOTA menggunakan perangkat radio amatir (mode CW atau mode SSB). Sedangkan kegiatan JOTI menggunakan internet sebagai media utama untuk berkomunikasi dengan Pramuka dari seluruh dunia. Dalam kegiatan ini ada sandi yang digunakan. Apa jenis-jenis sandi JOTA-JOTI?
ADVERTISEMENT
Kegiatan JOTA-JOTI sangat bermanfaat untuk para Pramuka karena bisa saling berkenalan, berbagi pengalaman, dan bahkan bisa bermain game bersama. Berikut ini jenis-jenis sandi JOTA JOTI yang sering digunakan dalam kegiatan Pramuka tersebut.

Jenis-Jenis Sandi JOTA-JOTI yang Sering Digunakan

Ilustrasi Sandi JOTA-JOTI (Foto: JV | Unsplash.com)
Apa itu kegiatan JOTA-JOTI? Dikutip dari buku Pendidikan Dasar Kepramukaan oleh Setyawan dan Istiawan (2020), JOTA-JOTI adalah Jamboree On The Air - Jamboree On The Internet (bahasa Indonesia: Jambore di Udara-Jambore di Internet) yaitu kegiatan pramuka semua golongan yang merupakan kegiatan pertemuan Pramuka pada jalur udara, bekerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) dan pertemuan Pramuka melalui internet. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak dan diselenggarakan pada tingkat nasional dan internasional.
Jampuz adalah komponen kunci pada kegiatan JOTA-JOTI dan bisa diikuti oleh semua yang berpartisipasi pada kegiatan ini menggunakan radio amatir dan internet. Jampuz atau Jamboree Puzzle adalah sebuah cara untuk saling bertukar kode identitas dengan peserta JOTA-JOTI lain yang berinteraksi dengan kalian selama kegiatan ini berlangsung.
ADVERTISEMENT
Setiap grup atau individu yang mendaftar JOTA-JOTI akan mendapatkan sandi atau kode identitas Jampuz atau yang disingkat kode JID. Di mana kode JID? Kalian bisa melihat kode JID di bawah bagian My Account. Jangan lupa untuk memastikan akun scout.org kalian sudah diperbarui ya.
Cara untuk saling bertukar sandi JOTA-JOTI atau kode JID sangat mudah. Setiap kalian berinteraksi dengan peserta JOTA-JOTI lain, jangan lupa untuk selalu meminta kode JID dan mencatatnya, nantinya peserta lain juga akan melakukan hal yang sama.
Tujuan Jampuz adalah untuk membuat kontak dengan peserta lain dan merekam negara serta daerah mana saja yang sudah melakukan kontak. Tapi, inti kegiatan ini bukan untuk berlomba memiliki kontak yang lebih banyak ya. Intinya adalah para peserta JOTA-JOTI harus bisa berkomunikasi. Jadi, manfaatkan momen JOTA-JOTI untuk saling berkomunikasi dengan para peserta dari berbagai daerah dan negara ya, bukan hanya mengumpulkan sandi JOTA-JOTI mereka saja. (KRIS)
ADVERTISEMENT