Indikator untuk Melihat Kualitas Kesehatan Penduduk Suatu Negara

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
11 Maret 2023 19:44 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi indikator kualitas kesehatan penduduk suatu negara dapat dilihat dari, sumber foto Pixabay from Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi indikator kualitas kesehatan penduduk suatu negara dapat dilihat dari, sumber foto Pixabay from Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kualitas kesehatan penduduk suatu negara merupakan salah satu indikator penting dalam menilai kemajuan dan kesejahteraan suatu negara. Pasalnya jika penduduknya memiliki kualitas kesehatan yang baik maka produktivitas akan meningkat. Lalu kualitas kesehatan penduduk suatu negara dapat dilihat dari apa saja? Berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT

Kualitas Kesehatan Penduduk Suatu Negara Dapat Dilihat Dari Apa?

Ilustrasi indikator kualitas kesehatan penduduk suatu negara, sumber foto Tara Winstead from Pexels
Dikutip dari Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas 7 karya Bambang Puji Raharjo dan Nurul Hidayati (Gramedia) dijelaskan bahwa tingkat kesehatan merupakan indikator untuk menunjukkan kualitas penduduk suatu negara.
Sementara itu kualitas kesehatan penduduk suatu negara dapat dilihat dari angka kematian bayi dan balita dan angka harapan hidup serta beberapa indikator lainnya. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing indikator:

1. Harapan Hidup

Harapan hidup adalah indikator yang paling umum digunakan untuk menilai kualitas kesehatan penduduk suatu negara. Indikator ini mengukur rata-rata umur seseorang ketika meninggal dunia. Semakin tinggi harapan hidup suatu negara, semakin baik kualitas kesehatan penduduknya.
ADVERTISEMENT

2. Angka Kematian Bayi

Angka kematian bayi adalah jumlah bayi yang meninggal sebelum mencapai usia satu tahun. Angka kematian bayi yang rendah menunjukkan bahwa sistem perawatan kesehatan suatu negara berkualitas tinggi dan masyarakat dapat memperoleh akses mudah ke layanan kesehatan.

3. Angka Kematian Ibu

Angka kematian ibu mengukur jumlah kematian ibu yang disebabkan oleh komplikasi selama kehamilan, persalinan, atau setelah persalinan.
Angka kematian ibu yang rendah menunjukkan bahwa sistem perawatan kesehatan suatu negara mampu memberikan perawatan yang tepat dan efektif kepada ibu hamil.

4. Akses ke Layanan Kesehatan Dasar

Akses ke layanan kesehatan dasar mengukur jumlah masyarakat yang dapat mengakses layanan kesehatan dasar seperti imunisasi, pemeriksaan kesehatan berkala, dan layanan kesehatan reproduksi.
Jumlah yang lebih tinggi menunjukkan bahwa masyarakat memiliki akses yang mudah ke layanan kesehatan dasar dan sistem perawatan kesehatan suatu negara berkualitas tinggi.
ADVERTISEMENT
Dari beberapa indikator tersebut kualitas kesehatan Indonesia masih terbilang cukup rendah. Oleh sebab itu pemerintah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkannya, di antaranya adalah sebagai berikut:
Meningkatkan mutu dan wilayah jangkauan pelayanan kesehatan ibu dan anak, serta peningkatan pelayanan posyandu.
Demikian adalah pembahasan mengenai kualitas kesehatan penduduk suatu negara. (WWN)